Catat! Ini Manfaat Berpelukan Tiap Hari yang Wajib Kamu Tahu

oleh -11 views

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manusia membutuhkan delapan pelukan dalam sehari.

Sebuah pelukan menimbulkan perasaan terhibur, bahagia, dan semangat. Kesemuanya membuat seseorang akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

Pelukan diperlukan untuk mendorong tubuh memproduksi oksitosin. Nama terakhir merupakan hormon dalam otak yang menjadi pusat bagi perasaan senang. Selama 20 detik pelukan, seseorang akan merasa tenang dan bahagia.

Ada beberapa alasan mengapa manusia membutuhkan pelukan, setidaknya 8 kali dalam sehari. Sejumlah penelitian menunjukkan beragam alasannya, berikut mengutip Mind Body Green.

1. Sentuhan dalam pelukan membangun kepercayaan dan rasa aman. Hal ini membantu terbangunnya komunikasi yang terbuka dan jujur.

2. Pelukan secara instan meningkatkan kadar oksitosin yang menyembuhkan diri dari perasaan kesepian, isolasi, dan kemarahan.

3. Pelukan dalam waktu lama dapat meningkatkan kadar serotonin seseorang. Kadar serotonin berguna untuk meningkatkan suasana hati dan menciptakan kebahagiaan.

4. Pelukan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada dan muatan emosional yang diciptakan mengaktifkan solar plexus chakra. Nama terakhir merupakan rangsangan kelenjar timus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih, yang membuat Anda tetap sehat dan bebas penyakit.

5. Memeluk dapat meningkatkan harga diri. Ini terhubung dengan kenakan masak kecil, di mana sentuhan orang tua menunjukkan rasa cinta dan istimewa pada si buah hati. Asosiasi harga diri dan sensasi sentuhan pada masa awal tertanam dalam sistem saraf saat seseorang beranjak dewasa.

6. Memeluk dapat membantu mengendurkan otot. Pelukan melepaskan ketegangan pada tubuh. Selain itu, pelukan juga bisa menghilangkan rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan lunak.

7. Pelukan menyeimbangkan sistem saraf. Efek lembap pada kulit si penerima dan pemberi pelukan menunjukkan kondisi sistem saraf yang seimbang.

8. Pelukan mengajari seseorang bagaimana cara memberi dan menerima.

9. Pelukan mirip seperti meditasi dan tertawa. Pelukan mendorong seseorang untuk mengalir dengan energi kehidupan.

10. Pertukaran energi antara orang-orang yang berpelukan adalah sebuah investasi dalam hubungan. Hal ini mendorong rasa empati dan saling pengertian.