Drainase Jalan Tanjungbalai Tak Tersentuh Pembangunan, Pemkab Deliserdang Kemana?

oleh -1.107 views
Kondisi Jalan Tanjungbalai, Desa Payageli, Deliserdang yang tergenang banjir kala hujan turun. (orbitdigitaldaily.com/Riza Valevi Panjaitan)

MEDAN – Warga yang berdomisili di seputaran Jalan Tanjungbalai Dusun III, Desa Payageli meradang.

Alasannya, selama kuranglebih belasan tahun Pemkab Deliserdang seolah menganaktirikan mereka soal pembangunan. Salahsatunya pembangunan drainase.

Menurut keterangan warga Jalan Tanjungbalai, Dusun III, Desa Payageli, jalanan di sana selalu tergenang air lantaran tidak ada drainase yang layak dibangun di sana.

Alhasil, meski dilakukan pengaspalan jalan, tak perlu waktu lama kondisinya rusak kembali.

Amatan orbitdigitaldaily.com sejak Senin (16/6/2020) kemarin, kala hujan mengguyur beberapa menit Jalan Tanjungbalai tergenang air kurang lebih hingga 20 cm.

Salahseorang warga, Syawal Sinurat (33) mengaku kesal dengan Pemkab Deliserdang.

Ia mengatakan sudah puluhan tahun tinggal di daerah itu dan tidak pernah melihat ada pembangunan drainase di sana.

“Kita ini seperti desa tertinggal, yang tidak pernah mendapat pembangunan drainase oleh Pemkab Deliserdang. Puluhan tahun kita merasakan jika terjadi hujan pasti jalan banjir. Pemkab Deliserdang kemana?” kata Syawal kepada orbitdigitaldaily.com, Kamis (18/6/2020).

Banjir yang terjadi di Jalan Tanjungbalai, kata Syawal sudah berlangsung selama puluhan tahun pula. “Jadi memang begini setiap turun hujan, selalu banjir,” tuturnya.

Ia menyebut, Warga Dusun III Desa Payageli di tahun 2018 kemarin sudah memohon melalui pihak desa agar drainase dibangun di sana.

Kemudian, pihak desa sudah bermohon ke Pemkab Deli Serdang di tahun 2018 kemarin agar jalan Tanjung Balai dibangun drainase.

“Namun sampai sekarang Pemkab Deliserdang belum mengindahkan hal itu,” ujar Syawal.

Ia menyayangkan keberadaan Anggota DPRD Deliserdang yang juga berdomisili di Desa Payageli tak mampu mengakomodir kepentingan masyarakat umum di sana.

“Sayang, sepertinya yang bersangkutan juga tidak pernah peduli dengan keluh kesah warganya.”tutup syawal

Sementara itu, Kepala Desa Payageli melalui sekretaris Desa Payageli, Pading yang dikonfirmasi terkait Jalan Tanjungbalai, Dusun III Desa Payageli menjelaskan benar pihak Desa Paya Geli telah mengirimkan surat permohonan pembangunan drainase dan gorong-gorong ke Pemkab Deli Serdang.

“Surat itu dikirim ke Dinas PUPR dengan nomor surat : 98/PG/2018, tanggal 26 Desember 2018. Namun sampai saat ini belum terbangun,” ungkap Pading.

Kami sebagai Pemerintahan Desa Paya Geli kami juga merasakan apa yang dirasakan warga Dusun II dan III Jalan Tanjungbalai yang hingga kini belum tersentuh pembangunan.

Padahal kita ketahui bersama, lokasi tersebut kerap terjadi banjir sehingga masyarakat sulit untuk melintas.

“Melihat kondisi itu, melalui surat kita dari Pemerintahan Desa Payageli berharap kiranya Pemkab Deliserdang segera menanggapi surat kita sebagai keluhan warga Desa Paya Geli agar pembangunan drainase dan gorong-gorong dapat terbangun,” pungkas Pading.

Reporter: Riza Valevi Panjaitan