Gadeng Dinas Perkim-LH, Gempar Batubara Sosialisasi Pengolahan Sampah

BATUBARA | Gerakan Mahasiswa Peduli Daerah (Gempar) bekerjasama dengan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kabupaten Batubara gelar sosialisasi Pengolahan Sampah Melalui Ecobrik dan Ecoenzym, Senin (26/6/2023).

Sosialisasi berlangsung di Aula Kantor Camat Talawi dengan tema Langkah Awal Meminimalisasi Timbunan Sampahi., menghadirkan pemateri dari Konsultan AMDAL yang menjelaskan tata cara pengolahan sampah, dimulai dari limbah kulit buah dan sayuran, gula merah tebu molase, dan air PDAM/mata air (air biomist) menjadi obat-obatan menjaga kesehatan.

Pemateri juga mempraktekkan tata cara pembuatan eco enzym dengan menggunakan limbah sampah buah-buahan seperti kulit salak dan jeruk yang kemudian dipermentasikan selama 10 hingga 100 hari.

Selain itu memperlihatkan hasil pengolahan limbah buah-buahan yang menjadi larutan Eko Enzym yang berhasil dipermentasikan dengan salah satu kegunaan pengganti pupuk bagi tanaman.

Ketua Gempar Khairil Nawawi sebut momen ini menjadi suatu kebahagiaan bagi Gempar Kabupaten Batubara bisa berkolaborasi dengan Dinas Perkim Lingkungan Hidup dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meminimalisir sampah melalui kegiatan sosialisasi pengolahan sampah melalui Ecobrik dan ecoenzim.

“Kami juga mengapresiasi Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup yang sudah menjalankan amanat UU nomor 18 tahun 2008 tentang pengolahan sampah, bahwa Pemerintah memiliki tugas untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengolahan sampah. Hari ini itu sudah di wujudkan oleh dinas Perkim dan LH,” sebut Ketua Gempar.

Sebagaimana diketahui, bahwa lingkungan hidup yang nyaman merupakan harapan bagi semua orang, dalam kesempatan ini Gempar mengajak kepada ibu-ibu PKK sebagai peserta untuk menjaga lingkungan dari sampah.

“Persoalan sampah yang ada saat ini bukan semata-mata kita serahkan kepada Pemerintah, namun kita perlu sadar dan paham bahwa masalah sampah adalah masalah kita bersama. Sebagai individu yang memiliki akal sehat sudah menjadi tanggung jawab dan kesadaran untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan tempat kita tinggal saat ini,” tandasnya.

Reporter : Ramadhan