Heritage Langkat Bakal Digenjot jadi Lokasi Wisata

oleh -1.128 views
Masjid Azizi cagar budaya peninggalan Kesultanan Langkat. (Istimewa)

LANGKAT – Dengan segudang peninggalan sejarahnya, Kabupaten Langkat saat ini terus berbenah.

Sektor wisata kabupaten di Negeri Berbilang Kaum kabarnya akan digenjot habis-habisan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kini tengah menjali kerjasama dengan USU dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Penandatanganan MoU kerjasama antar Disparbud Langkat dengan USU pun terlaksana saat gelaran kuliah umum dengan tema; Langkat Menuju Warisan Dunia yang diadakan di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat belum lama ini.

Hadir dalam kesempatan itu narasumber dari Malaysia Prof Datok Dr Mukhtar Saidin, arkeolog dari pusat penelitian Arkeologi Global Pulau Penang Malaysia.

Sekda Langkat, dr H Indra Salahuddin menyebut misi Kabupaten Langkat 5 tahun ke depan adalah menjadikan pariwisata dan kebudayaan sebagai prioritas pembangunan.

Ia menyebut Langkat memiliki peninggalan sejarah yang layak diperkenalkan ke dunia, salahsatunya bangunan bersejarah Masjid Azizi Tanjung Pura.

“Ini bisa menjadi salahsatu destinasi wisata yang menjual ke dunia internasional, sekaligus bakal menjadi wisata religi kelas dunia,” ujar Indra.

Indra menyebut Masjid Azizi Langkat akan dipugar sedemikian rupa tanpa menghilangkan aksen-aksen asli bangunan itu.

Ia berharap, USU sebagai kampus yang bekerjasama dengan Langkat dalam mengembangkan pariwisata dapat membantu meningkatkan sektor wisata di Langkat dengan terobosannya.

Kadis Budpar Provsu Ria Novida Telaumbanua yang hadir mewakili Gubsu dalam kuliah umum itu menyampaikan

Peninggalan dari kesultanan Langkat, Masjid Azizi adalah salahsatu potensi wisata.

Selain itu, keberadaan Pulai Kampai yang merupakan saksi bisu perjalanan panjang perdagangan yang pernah sukses di wilayah Sumatera Timur wajib rasanya itu dieksplorasi kisahnya..

“Peninggalan seperti Masjid Azizi, kemudian Pulau Kampai yang pernah menjadi lokasi perdagangan sukses pesisi timur Sumatera merupakan peninggalan cagar budaya dan warisan budaya yang potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata,”ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Parbud Langkat Hj. Nur Elly Heriani Rambe menyampaikan Prof. Datok Dr. Mukhtar Saidin, berencana menginformasikan warisan budaya Kesultanan Langkat Masjid Azizi Tanjung Pura agar masuk dalam Unesco.

“Semoga Kuliah umun ini, akan menjadi catatan sejarah, bahwa kajian dan hasil penelitian dasarnya dapat mengantarkan Langkat dan warisan yang ada, sebagai bukti nyata,” harapnya.

Reporter: Santo