Jelang Pilkades, Kertas Surat Suara Diperiksa di DPMD Tobasa

oleh -211 views
Penandatanganan BA pemeriksaan Kertas Suara Pilkades Lumban Gaol, Balige, Selasa (19/11/2019)

BALIGE – Sebanyak 1.035 Kertas Surat Suara (sesuai DPT ditambah 10%) untuk Pemilihan Kepala Desa Lumban Gaol, Tambunan, Kecamatan Balige selesai dicetak.

Oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Lumban Gaol, Kertas Surat Suara itu segera dibawa ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Toba Samosir guna pemeriksaan pada Selasa (19/11/19).

Tumindi Tambunan, Ketua P2KD Lumban Gaol mengaku hal itu dilakukannya guna memastikan kondisi kertas itu dalam keadaan baik dan benar dengan jumlahnya yang pas serta disaksikan para pihak terkait.

“Kertas suara yang kita cetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 10 %  yakni 1.035 dan dibuat Berita Acara Pemeriksaan Kertas Suara di Kantor DPMD ini,” terang Tumindi.

Dalam kesempatan itu, Henry Silalahi, Kepala DPMD Tobasa yang sejak awal pemeriksaan tampak tekun mengikuti kegiatan menyebut ini merupakan pemeriksaan perdana dalam rangka Pilkades serentak 5 Desember 2019 nanti.

“Pemeriksaan ini turut melibatkan beberapa pihak seperti Unsur TNI POLRI, Tokoh Masyarakat, Camat Balige, BPD, dan para perangkat desa setempat, yang selanjutnya secara bersama membuat berita acaranya” sebutnya.

“Hal demikian juga nantinya akan dilaksanakan setiap desa yang melaksanakan Pilkades, yakni sebanyak 105 desa se Tobasa. Dimana pemeriksaannya bisa dilakukan di Kantor Camat setempat,” lanjutnya.

“Usai diperiksa, maka Kertas Surat Suara itu dikepak atau dibungkus rapi untuk disimpan di rumah sekretaris P2KD, dan sehari sebelum Pilkades dibawa kembali ke kecamatan guna pelibatan,” urainya.

“Selesai proses pelipatan kertas suara, maka dibawa ke desa terkait untuk digunakan pada Pilkades, bisa sore atau esok pagi saat pelaksanaan Pilkades, tergantung jarak desa dari kecamatan,” tutup Henry.

Terkait Pilkades di wilayah Kecamatan Balige, Pantun Josua Pardede, Camat Balige meminta agar semua warga desa yang akan melaksanakan Pilkades bersama menjaga suasana kondusif.

“Siapapun nanti menang, mari jaga sikap dan tindakan dan mari merima dengan lapang dada. Siapapun yang menang, itu adalah kepala desa bersama,” imbaunya.

Reporter : Bernard Tampubolon