Kapolres Labuhanbatu Terima Penghargaan dari Lemkapi

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu saat menerima piagam penghargaan dari Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan

LABUHANBATU I Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberi apresiasi serta piagam penghargaan kepada Polres Labuhanbatu dan jajarannya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta berhasil menaikkan kepercayaan publik dari sejumlah program pelayanan.

Sejumlah program pelayanan publik yang digagas oleh Polres Labuhanbatu belakangan ini di antaranya, program Jumat Curhat, ngobrol bareng Kapolres, SKCK dilevery, perpustakaan keliling, poliklinik terapung serta trauma healing dan lainnya.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Lemkapi Pusat, DR Edi Saputra Hasibuan saat menyampaikan sambutannya di Lobby Mapolres Labuhanbatu, Selasa (20/6/2023) di hadapan Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu, Wakapolres Hermanto, serta pejabat utama Polres Labuhanbatu.

“Dari survei yang dilakukan Lemkapi, yang paling banyak mendapat respon dari masyarakat adalah program Jumat Curhat,” sebut Edi dalam sambutannya.

Edi menambahkan, program Jumat Curhat adalah bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat, dimana masyarakat bisa dekat dengan Polisi dan dapat menyampaikan langsung keluh kesahnya kepada personil Polres Labuhanbatu.

Program ini cukuf efektif sebab masyarakat tak lagi memerlukan perantara untuk menyampaikan aspirasi dan persoalan kepada kepolisian dan pogram ini berhasil meningkatkan kepercayaan mesyarakat sesuai dengan harapan Kapolri, terang Edi Saputra.

“Selama 2 bulan kami melakukan pengamatan dan penilitian, respon terbanyak kita temukan pada program Jumat Curhat dan ini paling banyak diminati masyarakat,” ujar Edi.

Program lainnya yang tidak kalah menarik adalah, program trauma hiling yang baru dibentuk belum lama ini usai pengungkapan kasus pencabulan dan kekerasan terhadap anak dilingkungan pendidikan. Trauma hiling ditujukan kepada para korban dan dinilai dapat memberikan efek positif serta dapat mengontrol trauma yang dialami para korban, papar Edi Saputra.

Perpustakaan Keliling

Perpustakaan keliling dan poliklinik terapung juga mendapat respon yang positif dari masyarakat pantai, dimana para anak sekolah pantai khususnya dapat menggali ilmu sembari bersantai sambil dapat membaca buku.

“Anak – anak terlihat cukup senang karena mereka belajar sambil menikmati perjalanan perahu,” ungkap Edi.

Program menarik lainnya juga tidak kalah menarik simpatik masyarakat yakni pembuatan SKCK dilevery, ngobrol bareng Kapolres yang telah memberikan dampak positif dengan terciptanya pembuatan SIM Keliling bagi masyarakat di wilayah pinggiran daerah hukum Polres Labuhanbatu.

“Selama ini mereka mengeluhkan untuk perpanjangan SIM yang biasanya bisa menghabiskan waktu 5 jam untuk perjalanan dan saat ini sudah lebih jauh efisien,” tutup Edi Saputra.

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu dalam sambutannya mengatakan, bahwa Polres Labuhanbatu tetap berkomitmen dan akan terus berinovasi dalam membentuk serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Saya selaku Kapolres mewakili staf dan jajaran Polsek mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada Polres Labuhanbatu dari Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan dan kami akan terus melakukan inovasi untuk memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sebut Kapolres Labuhanbatu.

Reporter : Robert Simatupang