Kejari Langkat Laksanakan Program Jaksa Masuk Sekolah

LANGKAT | Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat menggiatkan Program Jaksa Masuk Sekolah. Kali ini acara tersebut berlangsung di SMA Negreri I Salapian & SMA Negeri 1 Bahorok Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Kamis (25/5/2023).

Para siswa/siswi mendapat materi dan pemahaman bahaya tawuran,Dampak narkotika di lingkungan masyarakat dan UU ITE.

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap SH MH melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat Sabri Fitiransyah Marbun SH mengatakan, tahun ini kembali fokus Kejaksaan Negeri Langkat adalah melakukan tindakan pencegahan tindak pidana diwilayah kerjanya. Untuk mendukung hal tersebut salah satunya kejaksaan memiliki tugas dan fungsi Jaksa ” Masuk Sekolah “.

Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan Kasi Intel Langkat Sabri Fitrianyah Marbun SH & Kasubsi A Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat Prama Tampubolon SH, serta Staff Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Langkat Hendra S Ginting SH sebagai narasumber pada 2 (dua) kegiatan tersebut.

Selain memberikan materi ITE, Bahaya Narkotika, bahaya tawuran, juga di awal dan di akhir memberikan pemahaman pentingnya pengendalian diri pada siswa siswi untuk kenali hukum dan menjauhi hukuman dengan cara membuat kebiasaan yang baik-baik dalam aktifitas selama di sekolah dan dilingkungan rumah.

Contoh sejak masuk sekolah pagi sampai dengan jam pulang sekolah mentaati aturan yang ada disekolah, jangan lompat pagar ketika belum jam pulang, memakai helm jika mengendarai sepeda motor, bersikap santun kepada guru-guru dan lain sebagainya. Dari situ yang kecil dulu kita mulai memahami dan melaksanakan aturan yang ada didepan mata kita.

Bahwa kemudian JMS kedua pada hari ini dilaksanakan di Sekolah SMA Negeri 1 Bahorok pada siang hari, siswa siswi sangat antusias mendengarkan materi dan pengarahan narasumber, bahkan tidak ragu siswa siswi menunjukkan bakat-bakatnya sehingga mereka lebih memahami bahwa hobby yang positif akan menjauhi dari narkotika, tawuran dan pelanggaran ITE.

Narasumber mengatakan apalagi dengan hobby olahraga pikiran akan lebih jernih dan badan menjadi sehat, sehingga aktifitas sehari hari disekolah dan dilingkungan rumah menjadi lebih positif, jauh dari hal-hal negatif.

Ini adalah Program Jaksa Masuk Sekolah yang ketiga & keempat pada pertengahan tahun 2023 ini, sementara pada tahun 2022 sebelumnya Kejaksaan Negeri Langkat melaksanakan JMS sebanyak 8 (delapan) sekolah.

Reporter ; Santo