Pantai Sujono Jadi Rebutan, Disparpora Batubara Dinilai Tak Tegas

Gerbang pintu masuk pantai Sujono di Desa Lalang, Kecamatam Medang Deras, Kabupaten Batubara. ORBIT/M Saini

Batubara-ORBIT: Pantai Sujono atau yang dikenal dengan sebutan pantai Perjuangan di Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara yang selama ini menjadi tempat rekreasi objek wisata lokal kini  bergolak.

Soalnya sudah tahunan pengelolaan pantai tersebut menjadi rebutan antar kelompok masyarakat yang mengaku masing – masing yang berhak menjadi pengelola.

Sementara Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga telah berulang- ulang mendamaikan dua kelompok yang sama- sama mengaku pengelola yang sah, bahkan Disparpora  juga telah melakukan mediasi kepada pihak-pihak yang bersengketa.

Meski sempat tenang beberapa waktu, namun saat kini ada pihak yang mengklaim sebagai pengelola pantai yang sah.

Kelompok Masyarakat Sadar Wisata Koperasi Jasa Masyarakat Pantai Jono yang mengaku sebagai pengelola yang sah menggelar aksi damai, Minggu (06/01/2019) di depan portal pintu masuk Pantai Sujono melibatkan puluhan warga.

Mereka mengklaim bahwa pihaknya telah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan.

Koorditator aksi Saiman saat menggelar aksi mengutarakan pihaknya telah memperoleh rekomendasi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batubara tentang pengelolaan objek wisata pantai Sujono.

Tetapi Saiman menyesalkan, meski pihaknya telah mendapat persetujuan Kemen LHK dan rekomendasi dari Dis Parpora Batubara namun Dis Parpora Batubara tidak tegas karena  terkesan masih mengizinkan pengelola lama untuk menjual karcis tanpa porporasi dan stempel.

Melalui aksi damai tersebut Saiman meminta instansi terkait untuk secepatnya menyelesaikan permasalahan kepengelolaan pantai Jono untuk menjaga agar tidak terjadi yang tidak diinginkan.