Aceh  

Pasien di Puskesmas Tangan-Tangan Membludak, Begini Penjelasan Kadinkes Abdya

Kadis Kesehatan Safliati SST M.Kes bersama Ketua Komisi A DPRK Sardiman Sapaan akrab Tgk Panyang dan Kepala Puskesmas Ie Lhob Kec. Tangan-Tangan, dr Musaddik saat meninjau pasien di ruang Aula Puskesmas sementara di jadikan tempat inap pasien. (Foto/Ist)

ABDYA | Pasca membludaknya pasien yang dirawat, hingga melampaui kapasitas di Puskesmas Ie Lhop, Tangan- Tangan Aceh Barat Daya (Abdya) yang berakibat ada beberapa pasien tidak kebagian tempat tidur dorong atau bed. Kamis (29/9/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati,SST.,MKes didampingi oleh Kapus Tangan -Tangan dr Musaddik menyampaikan, penyebab pasien membludak karena Puskesmas di kecamatan Manggeng sedang di rehap.

“Saat ini jumlah pasien yang dirawat itu 50 persen dari warga kecamatan Manggeng” katanya.

Menurutnya, masyarakat lebih suka berobat ke Puskesmas Tangan-Tangan dengan alasan lebih dekat dengan tempat tinggal.

Kadis Safliati menceritakan bahwa sebelum pembongkaran rehap Puskesmas Manggeng, pihak dinas sudah menyurati Camat yang ditanda tangani oleh wakil Bupati dulu bahwa untuk sementara selama masih direhap disana pasien Manggeng dilimpahkan ke berobat ke Puskesmas Tangan-Tangan.

“Maka terjadilah ful pasien atau overload. Terjadinya ful pasien cuma semalam saja paginya sudah dapat tempat tidur karena pasien lain sudah pulang. Selain itu, lanjutn sapaan akrab kak ati, kita juga sudah menambahkan ruang aula menjadi tempat perawatan untuk antisipasi,” sebutnya