Peresmian HKBP Nazaret, Ketua Adat Suku Moi Sorong: Kita Dalam Satu Perahu !

oleh -305 views
Ompu i Ephorus HKBP, Pdt Dr Darwin Lumbantobing bersama Ketua Suku Moi Sorong, Papua Barat. (orbitdigitaldaily.com/istimewa)

SORONG -Ketua Adat Suku Mui Sorong, Provinsi Papua Barat, Sipai Abner Bisolu mengharapkan Suku Batak yang menetap di Sorong, harus mematuhi adat dan budaya suku setempat.

Sipai mengatakan, Suku Moi berbeda dengan suka lain. Lebih lembut tak seperti suku lainnya di Provinsi Papua Barat.

“Kami suku Moi unik, sesuai dengan nama Moi yang berarti halus, sehingga budi, tutur kata, budaya, tarian, itu halus (gemulai), berbeda dengan suku lainnya di Papua yang lebih energik,” kata Sipai didampingi Biro Perlindungan Suku Moi Papua, ketika menghadiri Ibadah Mangompoi Gereja HKBP Nazaret Sorong, Papua Barat belum lama ini.

Ia mengatakan, jika suku Batak menghadapi masalah di Tanah Moi, agar langsung berhubungan dengan suku Moi, bukan dengan suku lain karena suku Moi pemilik wilayah itu.

“Hak atas aturan, wilayah, siapapun yang tinggal disini harus mematuhi adat setempat, demikian HKBP juga tentu menghargai budaya setempat,” katanya.

Penyampaian itu dijelaskan kembali oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing kepada wartawan di Medan, Selasa (13/8).