Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Madina Turunkan 300 Petugas

Petugas gabungan saat membersihkan saluran irigasi (Sulaiman Nasution)

MADINA | Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) turunkan 300 petugas untuk membersihkan saluran irigasi lintas timur di Kelurahan Panyabungan III, Kecamatan Panyabungan, Jumat (05/07/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Madina Alamulhaq Daulay yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan, disiplin masyarakat dalam kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih rendah.

Sekda menghimbau masyarakat agar lebih disiplin dalam membuang sampah dan tidak sembarangan. Dalam membuang sampah kata Sekda Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah membuat jadwal dalam membuang sampah.

“Banyak sampah menumpuk yang kadang dibuang tengah malam. Padahal DLH sudah menghimbau, jadi kalau masyarakat tidak disiplin dalam hal sampah sama seperti yang dilihat, jadi kuncinya ada pada masyarakat,” kata Sekda.

Sementara Kadis Lingkugan Hidup Khairul menyebutkan kegiatan ini diikuti oleh TNI/Polri, OPD, Kecamatan dan Kelurahan se Panyabungan. Sedangkan thema pada kegiatan ini adalah “Penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan”.

Kegiatan ini kata Kahirul salah satu momentum untuk mendisiplinkan dan menggugah jiwa masyarakat untuk selalu membersihkan lingkungan.

Krisis iklim kata Khairul salah satu faktor penyebabnya asap kenderaan bermotor dan juga sampah.

“Yang dilaksanakan ini, fokus kita dalam hal kebersihan untuk dilestarikan bagaimana pungsi lingkungan itu dikembalikan ke awal, agar keseimbangan alam itu bisa dijaga,” kata Khairul.

Khairul menambahkan kebersihan lingkungan adalah cerminan kesehatan diri, dan melalui kegiatan ini kedepannya masyarakat bisa lebih meningkatkan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Tidak mungkin orang lain datang mebersihkan lingkungan kita kecuali diri sendiri. Jadi melalui kegiatan ini kita coba menggugah masyarakat agar kedepan bisa lebih meningkatkan disiplin dalam membersihkan lingkungan,” harapnya.

Reporter : Sulaiman Nasution