Buka Perkemahan Siaga Bencana Pramuka, Syah Afandin : Tingkatkan Kualitas Kemampuan Anggota Saka Bahari

LANGKAT |

Perkemahan Siaga Bencana Saka Bahari Kwartir Cabang Langkat mengusung tema, “Peran Pemuda Sebagai Pelopor Siaga Bencana”, dengan  motto “Satya Ku Darma Kan, Darma Ku Baktikan”.

Tujuan di selenggarakannya kegiatan ini membentuk karakter mental dan spiritual melalui Pramuka penegak putra dan putri melalui SAKA BAHARI KWARTIR CABANG LANGKAT, yang di disiplin, berani, tangguh dalam menghadapi tantangan hidup.

Diketahui, jumlah peserta perkemahan berjumlah 177 orang putra, 200 orang putri, 28 orang pembina putra dan 18 orang pembina putri dengan total 520  Orang peserta.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Langkat Syah Afandin menyampaikan, kegiatan perkemahan ini merupakan bagian dan bentuk nyata yang dikemas agar menjadi tonggak pendidikan mental dan karakter.

Disampaikannya juga, melalui kemasan yang lebih aktif dan kreatif perkemahan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan kepada generasi bagian dari pembinaan kepada generasi bangsa dalam menghadapi situasi apabila terjadi bencana.

Sebab, sambung Syah Afandin, bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, oleh karenanya diharapkan para generasi kita akan selalu anggap atas segala situasi yang dihadapi, dan salah satunya adalah dengan sikap terhadap terjadinya bencana.

Selain itu, lanjut  Plt Bupati Langkat, perkemahan ini juga bertujuan untuk mengokohkan kebersamaan dan memelihara kebersamaan serta untuk memelihara juga meningkatkan kemampuan teknis taktis maupun kerjasama dengan harapan setiap individu dapat bertanggung jawab atas tugas masing-masing secara baik dan benar.

Sehingga,  akan semakin meningkatkan kualitas Kemampuan sebagai anggota Saka Bahari dalam mendukung keberhasilan dalam melaksanakan tugas khusus pada saat terjadinya bencana.

“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap menjadi solusi terhadap pembinaan generasi muda, khususnya pada usia sekolah, yang tentunya menjadi masa produktif bagi generasi kita untuk menerima segala pembelajaran dan pembinaan yang diberikan”, ujarnya.

Harapan saya, harap Syah Afandin, semoga kegiatan ini mencapai sasarannya dan menghasilkan sosok pribadi yang memiliki ketangguhan dan keterampilan sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita di era sekarang yang nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat secara luas.

Plt Bupati Langkat  berpesan,  kepada seluruh pihak yang terlibat dalam perkemahan untuk selalu memperhatikan faktor-faktor dalam penyelenggaraan perkemahan,  dan salah satunya faktor penting yang harus diperhatikan adalah faktor keselamatan selama kegiatan berlangsung.

“Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini,  saya tetap mendoakan agar semua sehat dan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan acara perkemahan dengan baik dalam pelaksanaannya,” pesannya.

Sementara, Komandan Yon Infantri (Dan Yonif)  8 Marinir  Letkol Marinir Agus Wahyudi  menyampaikan, selamat datang di Markas Yonif 8 Marinir Harimau Putih.

Agus Wahyudi  berpesan,  agar melaksanakan kegiatan dengan baik, materi apapun yang  di berikan  pembina untuk dapat di serap dan di pelajari secara serius karena itu menjadi bekal bagi kalian. “Kegiatan ini sangat penting yang nantinya akan mendapat sertifikatyang dapat di manfaatkan untuk menuju jenjang yang adik-adik harapkan. Saya berpesan kepada adik-adik untuk selalu laksanakan kegiatan yang positif, tugas kalian belajar, membantu orang tua serta selalu beribadah. Saya yakin kalau itu yang kalian lakukan kelak menjadi orang hebat”,  sebutnya.

Turut hadir pada pembukaan  Perkemahan Siaga Bencana Saka Bahari itu, Syamsul Arifin, Dan Yonif  8 Marinir  Letkol Marinir Agus Wahyudi, Ketua Kwatir Cabang Langkat Indra Salahudin, Ketua IDI Langkat H Agus Salim, Meneger Rumah Sakit Pertamina Pangkalan Brandan Rahmad, Kadis Kominfo Sahmadi,.

Kadis Pendidikan Saiful Abdi, Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, Plt Kalak BPBD H.M.Ansyari, Kabag Umum dan Perlengkapan Mahardhika Sastra Nasution , Wapasi Ops Lettu Mar Esau Lucky Yahya Frisahn, Camat Sei Lepan M Iqbal Ramadhan, Camat Berandan Barat M Fathan Nur.

Reporter : Susanto