Pj Gubsu Tinjau Pasar Sei Sikambing Medan, Masyarakat Diminta Jangan Panik

Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut meninjau harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H di Pasar Sei Sikambing, Jalan Gatot Subroto, Helvetia, Kota Medan, Kamis (4/4/2024)

MEDAN | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan, pemerintah menjamin ketersedian bahan pokok menjelang Idulfitri 1445 H. Untuk itu, masyarakat diminta tidak panik dan tetap tenang, belanjalah dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin usai meninjau dan berbicara langsung dengan para pedagang terkait harga dan ketersedian bahan pokok di Pasar Sei Sikambing Jalan Gatoto Subroto Medan, Kamis (4/4/2024).

“Kita tadi langsung bertanya kepada pedagang, harga sembako seperti beras, minyak makan, bawang putih, cabai merah, ayam potong dan daging sapi, harganya masih relatif stabil, karena pasokan cukup. Walau ada beberapa komoditi yang perlu pengendalian, seperti telur ayam dan bawang merah, karena pasokannya dari luar Sumut,” kata Pj Gubernur Hassanudin.

Menurut Pj Gubernur, permintaan diperkirakan akan meningkat menjelang Lebaran ini. Ia pun berharap para pedangan tidak menaikkan harga jual secara berlebihan, karena pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat.

Sebelumnya, Pj Gubernur Hassanudin bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut IGP Wira Kusuma, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut Agus Tripriyono, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut
Mulyadi Simatupang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Rajali, Kepala Biro Perekonomian Sumut Poppy Marulita, berdialog dengan para pedagang.

Pemilik Toko Sembako Agam WD Julham mengatakan, untuk ketersedian beras, gula, minyak makan cukup dan harga masih stabil, karena adanya panen raya dan barang tersedia.
“Untuk harga beras stabil karena panen raya, saya menjual yang premium perkilonya Rp14.000. Telur yang naik sedikit, karena permintaan banyak dan stoknya masih terbatas,” katanya

Sementara Pedagang lainnya, Iyanta br Tarigan mengatakan, ketersediaan cabai merah, bawang merah, bawang putih masih mencukupi dan harga masih tetap stabil. “Harga masih stabil untuk cabai merah perkilo Rp 40.000, bawang putih Rp40.000. Harganya masih sama dengan hari yang lain, dan belum naik, cuma bawang merah yang tidak stabil, karena pasokan dari Brebes terbatas, hanya dipasok dari Pulau Samosir,” jelasnya

Untuk harga daging sapi masih stabil di harga Rp130.000/kg dan ayam potong Rp34.000/kg.

Reporter : Iwan GB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *