PMII Madina Unjuk Rasa, Minta Kapolres Tangkap Mafia Galian C Ilegal

Suasana aksi unjukrasa di Madina

MADINA | Puluhan massa yang tergabung dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Mandailing Natal menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Polres Mandailing Natal, Selasa (03/10/2023)

Sambil mengkibarkan bendera dan memegang selebaran kertas yang berisikan penolakan adanya aktivitas galian C diduga ilegal yang berpotensi merusak lingkungan. Pengunjuk rasa bergantian orasi di depan Mapolres Mandailing Natal dengan tuntutan di antaranya meminta supaya polisi bertindak tegas, menangkap oknum pelaku galian C ilegal di Mandailing Natal.

Abdul rahman hasibuan selaku Wakil Ketua 1 PC PMII Madina dalam orasinya menegaskan, aktivitas galian C ilegal yang berada di beberapa titik di Mandailing Natal bisa berdampak merusak lingkungan serta berpotensi menyebabkan bencana banjir.

Selain itu, pengusaha tambang galian C diduga belum mengantongi izin resmi pertambangan, dalam pengerjaan penggalian sangat meresahkan warga sekitar, karena aktivitas galian C berlokasikan di aliran batang sungai itupun di lakukan pada malam hari.

Selanjutnya Miftahul Jihadi selaku Wakil Sekretaris PC PMII Madina mengambil alih komando dan melanjutkan orasinya dengan mengobarkan semangat para pengunjuk rasa dengan membawakan lagu Indonesia raya dan buruh tani serta menyampaikan semua tuntutan aksi yaitu :

  1. Meminta kepada Kapolres Madina supaya menutup Galian C ilegal yang berada di beberapa lokasi di Mandailing Natal
  2. Meminta kepada Kapolres Madina supaya bertindak tegas, menangkap oknum oknum pelaku Galian C ilegal di Mandailing Natal
  3. Meminta kepada Kapolres Madina supaya tidak pilih bulu dalam penegakan hukum terhadap pelaku pelaku yang melanggar aturan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Mandailing Natal
  4. Meminta kepada Kapolres Mandailing Natal mundur dari jabatannya jika tidak mampu mengemban tugasnya
  5. Jika tuntutan kami ini tidak ditindaklanjuti maka kami akan turun lagi dengan jumlah massa yang lebih banyak.

Sementara itu Kabag OPS Polres Madimna M.Rusli SH yang berhadapan langsung dengan pengunjuk rasa menyampaikan, pihaknya mengapresiasi damai unjuk rasa yang sampaikan oleh PC PMII MADINA, dan akan menindaklanjuti aspirasi yang menjadi tuntutan.

“Terimakasih kepada adek adek mahasiswa yang sudah hadir di markas kami dan saya apresiasi juga sudah membawa aspirasi atau keluhan masyarakat terkait Galian C ilegal dan sebagainya, apa yang menjadi tuntutan adek adek sekalian nantinya kami akan laporkan kepada bapak kapolres, karena pimpinan kami adalah bapak Kapolres,” pungkasnya.

Reporter : A Lubis