Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 77, Polres Langkat Gelar Lomba Satkamling Terbaik

Tiga pilar secara langsung melakukan pemeriksaan dan penilaian pos Siskambling merah putih. (Foto/Ist)

LANGKAT | Dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77, Kepolisian resort Langkat menggelar penilaian pos satkamling Merah Putih terbaik di masing masing Polsek sejajaran, Selasa (2/8/22).

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno menjelaskan, Kepolisian Resort Langkat melalui Sat Binmas Polres Langkat menggelar perlombaan atau penilaian terhadap pos satkamling terbaik diwilayah hukum polres Langkat.

“Kita telah melakukan penilaian pos satkamling merah putih dibeberapa daerah antara lain di Kecamatan Besitang, Kecamatan Pangkalan Susu dan Kecamatan Sei Lepan, giat ini dalam rangka menyambut HUT RI Ke 77 oleh Polres Langkat,” sebut Joko.

Lebih lanjut dijelaskan Kasi Humas, penilaian pos satkamling merah putih dilakukan secara bersama oleh tiga pilar pada siang tadi, yang dihadiri oleh Kabag Sumda Kompol Waskita Sena, Kapolsek Sejajaran, KBO Sat Binmas Iptu T Situmeang, sejumlah personel Polres Langkat dari masing masing kesatuan, personel Babinsa dan Staff Umum Kesbang Pol Pemkab Langkat.

Giat penilaian dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Langkat Kompol Waskita Sena dengan beberapa kreteria yang harus dipenuhi masing masing satkamling, antara lain terkait struktur bangunan, kelengkapan panel data Desa, jadwal Penjagaan, sandi keamanan, serta berbagai perlengkapan dan kelengkapan pendukung lainnya dari keberadaan pos satkamling.

Kasi Humas polres Langkat juga menegaskan, jika keberadaan pos satkamling nantinya diharapkan benar benar berfungsi dan akan dilakukan pengecekan secara berkala melalui Polsek sejajaran dan anggota bhabinkamtibmas sehingga keberadaan pos satkamling bukan hanya sekedar seremoni saja.

Namun juga dapat dijadikan sarana pendukung sebagaimana fungsi dan maamfaatnya untuk meningkatkan kondusifitas Kamtibmas di masyarakat.

Reporter : Susanto