Sempat Ditolak Warga, Jenazah PDP Asal Karo Akhirnya Dimakamkan di Medan

oleh -3.156 views
Saat Tim Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 menunggu di TPU Salit akibat ada penolakan dari warga Desa Salit, Kecamatan Tigapanah, Karo. (orbitdigitaldaily.com/David Kaka)

TANAHKARO – Satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, pada Selasa (26/5/2020), ditolak warga saat akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Salit, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo.

Pasien tersebut seorang perempuan berinisial SUT berumur 53 tahun warga Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Pantauan orbitdigitaldaily.com di lokasi, puluhan warga mendatangi lokasi TPU Salit dan langsung meminta agar jenazah jangan diturunkan dan dikuburkan di lokasi tersebut.

“Kami belum diberitahu kalau lokasi ini dijadikan tempat pemakaman pasien Covid-19. Kalau sempat dikubur di sini, kami akan bongkar kembali,” ujar warga secara bersamaan.

Mendapat penolakan dari warga, Plh GTPP Covid-19 Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu didampingi Kapolres Karo AKBP Yustinus Setio Indriono SIK,
mencoba berkomunikasi dengan warga.

Martin sempat menjelaskan, bahwa pasien tersebut masih berstatus PDP dan hasil Rapid Test juga Negatif. Untuk hasil Swab Test PCR memang belum keluar dari rumah sakit.

Namun sesuai protokoler penanganan Covid-19, maka untuk pemakaman jenazah juga harus melewati proses pemulasaran yang ketat, sesuai standar yang diatur dalam Protokol Penanganan Jenazah Pasien Covid-19.

Meski telah dijelaskan kepada warga, namun warga tetap menolak dan meminta agar jenazah tersebut tidak dimakamkan di TPU Salit.

Mendapat kabar tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung menghubungi Plt Walikota Medan Akhyar Nasution dan meminta agar jenazah dapat dikuburkan di Medan.

“Saya sudah menghubungi Plt Walikota Medan Bapak Akhyar Nasution dan beliau setuju,” kata Bupati Karo.

Menurut Bupati, saat ini juga jenazah langsung diberangkatkan ke Medan untuk disemayamkan di TPU Simalingkar B Medan. Dan pihak keluarga juga sudah menyetujuinya dan berterima kasih kepada Bupati Karo.

Reporter: David Kaka