Sengketa Pemilu Karo, Bawaslu Tenggat Bapaslon CUAN Lengkapi Berkas Hingga 13 September

oleh -1.152 views

TANAHKARO – Permohonan Sengketa Pemilihan yang diajukan pemohon atas nama Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karo digelar, Jumat (11/9/2020) kemarin.

Pihak pemohon langsung dihadiri Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba, yang merupakan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan Pilkada Karo tahun 2020.

Termohon adalah KPU Karo langsung dihadiri lima Komisioner KPU Karo dengan agenda musyawarah tertutup.

Musyawarah dilaksanakan di aula kantor Bawaslu Karo Jalan Jamin Ginting gang Cik Ditiro Kabanjahe, mulai pukul 16.00 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB malam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karo, Eva Juliani Pandai yang dikonfirmasi orbitdigitaldaily.com usai musyawarah tertutup mengatakan, bahwa Bawaslu Karo telah mengelar penyelesaian sengketa dengan agenda musyawarah tertutup.

Eva menjelaskan, dengan adanya pertimbangan-pertimbangan antara pemohon dan termohon, maka diambil satu kesepakatan dengan persyaratan dan perjanjian yang yang dituangkan dalam berita acara.

Dimana dalam berita acara tersebut dituangkan, pihak pemohon dalam hal ini paslon Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba harus melengkapi kekurangan persyaratan-persyaratan yang diminta oleh KPU Karo dan dilengkapi hingga tanggal 13 September.

“Tadi pihak pemohon (Paslon Cuaca-Agen) sudah membawa setengah berkas yang diminta oleh KPU, dan berkas tersebut sudah ditunjukkan kepada KPU Karo dan dinyatakan sudah benar. Dan terkait kekurangan berkas tersebut, pihak pemohon harus melengkapinya dengan batas waktu tanggal 13 September 2020 pukul 4 sore,” kata Ketua Bawaslu Karo.

Menurutnya, perlakuan yang sama juga diberikan kepada empat calon yang telah mendaftar sebelumnya. Dimana pada tanggal 16 September 2020 adalah masa perbaikan berkas. Bila belum dipenuhi, maka akan berkonsekwensi hukum terhadap ketidakmampuan mereka memenuhi persyaratan.

Ditanya, jika pihak paslon Cuaca-Agen memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut pada tanggal 13 September, Ketua Bawaslu mengatakan sesuai dengan hasil kesepakatan mereka, maka paslon Cuaca dan Agen berhak maju di Pilkada Karo tahun 2020.

“Tapi jika ingkar janji, akan gugur,” tegasnya.

Pantauan orbitdigitaldaily.com di kantor Bawaslu Karo, selain Ketua KPU Karo Gemar Tarigan ST, turut hadir Komisioner KPU Karo lainnya seperti Anwar Tarigan SH, Dewi Apriany Susanti MPd, Drs Lotmin Ginting dan Ricardo Sitepu SSos.

Begitupun para tim sukses Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba, ikut hadir mendampingi calonnya. Sejumlah personel dari Polres Tanah Karo melakukan penjagaan dan pengamanan ketat di sekitar kantor Bawaslu Karo mulai dari awal sampai selesai acara musyawarah.

Reporter: David Kaka