Survey Reakreditasi, Empat Puskesmas di Madina Diharapkan Naik Tingkat

Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution bersam dengan dr.Retno Sari Dewi (Sulaiman Nasution)

MADINA l Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution bersama segenap personel UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Panyabungan Jae pada Kamis (07/09/2023) menyambut hangat kedatangan tim survey akreditasi dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPAPKP).

Tim Survey dari LPAPKP yang dihadiri oleh dr. Retno Sari Dewi MKes dan dr. Zunaidah Hasanah Harahap MKes Sp KKLP langsung disambut Wakil Bupati yang didampingi Asisten II dr. Syarifuddin, Direktur RSUD Panyabungan dr. Rusli, Camat Edy Sahlan serta unsur Forkopimcam.

Kepala Puskesmas Panyabungan Jae dalam sambutannya memaparkan kegiatan maupun fasilitas yang dimiliki Puskesmas Panyabungan Jae.

Saat ini Akreditasi Puskesmas Panyabungan Jae ada di tingkat Utama setelah diakreditasi di Tahun 2019 lalu, mereka berharap dapat mendapatkan predikat Paripurna, kata dr. Yulida Nehri Lubis.

“Kita sangat mengharapkan predikat paripurna ini sebagai motivasi untuk peningkatan mutu yang semakin baik, serta berdampak positif terhadap masyarakat,” tuturnya lagi.

Pada kesempatan itu, Atika Azmi menyampaikan bahwa peningkatan akreditas merupakan salah satu konsen utama pemerintah. Hal ini telah didorong jauh hari sejak era pemerintahan Sukhairi-Atika.

“Kami berharap tim survey dari LPAPKP nantinya dapat bekerja dengan nyaman dan membuahkan hasil yang memuaskan dan semoga Puskesmas Panyabungan Jae mendapat akreditas Paripurna dan menjadi pelopor bagi Puskesmas di Madina,” sebutnya.

Atika juga menyebutkan, secara pribadi, ia sebagai pemerhati kesehatan akan terus memperhatikan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan dan akan terus berupaya mendorong kemajuan dalam bidang tersebut.

Menuju Paripurna

dr. Retno Sari Dewi, M. Kes dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan survey dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai 07-09 September 2023 dengan berbagai aspek penilaian.

“Harapan kami, kita semua dapat memahami bahwa kehadiran dan penilaian kami di sini hanya selama tiga hari, dan penilaian yang sesungguhnya itu ada di mata masyarakat. Jadi kami minta tetap pertahankan citra positif dan etika pelayanan yang baik setiap harinya,” pesan dr. Retno.

Informasi dihimpun melalui Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Faisal Situmorang, untuk tahun ini terdapat 26 Puskesmas di Madina yang ikut proses reakreditasi, dan 4 di antaranya dalam tahap akreditasi menuju tingkat Paripurna.

“Ada 26 Puskesmas yang direakreditasi tahun ini. Pertama tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna,” ujar dr. Faisal.

“Sampai saat ini belum ada puskesmas dengan predikat akreditasi Paripurna di Madina. Semoga kali ini empat puskesmas kita, yaitu Puskesmas Panyabungan Jae, Siabu, Mompang dan Kota Nopan bisa meningkat jadi Paripurna,” harap Faisal.

Reporter : Sulaiman Nasution