Terkelin Ingatkan Peserta Ujian CPNS 2019, Jangan Lupa Berdoa Sebelum Menjawab Soal

oleh -268 views

TANAH KARO – Tinjau pelaksanaan ujian Sistem Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan Calon PNS Kabupaten Karo, Formasi Tahun 2019, Terkelin Brahmana motivasi peserta ujian dan menganjurkan supaya berdoa sebelum mengisi jawaban ujian, Senin (8/9/2020) sekira pukul 09.30 WIB, di Kantor Regional VI BKN Medan.

Menerut Terkelin, kedatangannya bersama Forkopimda meninjau pelaksanaan ujian sistem CAT SKB Penerimaan Calon PNS Kabupaten Karo, Formasi Tahun 2019 di Kantor regional VI BKN Medan, adalah untuk memastikan bahwa kesiapan ujian SKB yang telah direncanakan oleh OPD tekhnis berjalan lancar dan sukses.

“Saya juga ingin memberikan motivasi bagi para peserta yang yang sedang mengikuti ujian, agar dapat fokus dalam menjawab tantangan soal ujian yang ditayangkan melalui sistem CAT. Ingat jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, sebelum mengerjakan soal,” ajaknya, disambut tepuk tangan para peserta ujian.

Bahkan memberikan dukungan semangat kepada peserta. “Tetap semangat, kunci keberhasilan menjawab soal ujian adalah tekun dan tenang,” ucap terkelin.

Sementara ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, sependapat atas anjuran berdoa sebelum mengerjakan soal ujian, guna menenangkan hati dan pikiran, kara mereka.

Sebelumnya Sekda Kab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba MSi telah membuka pelaksanaan ujian CAT SKB Penerimaan Calon PNS Kabupaten Karo Formasi Tahun 2019 sekira pukul 07.00 WIB.

“Pelaksanaan ujian ini telah sesuai dengan standar protokol kesehatan yang disetujui oleh Satgas Penanganan Covid-19 Medan,” ujarnya melaporkan kepada Bupati Karo disela-sela saat meninjau ujian.

Dilaporkan, jumlah peserta yang ikut ujian sebagai peserta CAT SKB Penerimaan Calon PNS Kabupaten Karo Formasi Tahun 2019, adalah sebanyak 576 orang untuk mengisi 261 formasi di jajaran Pemerintah Kabupaten Karo.

“Namun yang ikut mengikuti ujian di Kanreg VI BKN Medan hanya 565 orang, sedangkan sisanya sebanyak 11 orang, mengikuti ujian dilakukan secara tersebar, masing-masing di Batam, BKN Pekanbaru, BKN Padang, BKN Jambi, BKN Serang, BKN Pusat dan BKN Yogyakarta,” ungkapnya.

Pelaksanaan ujian dimulai hari Senin, tanggal 8 September 2020. Dengan menggunakan tiga ruangan. Dan jadwal ujian dibagi dalam 4 (empat) sesi, dengan peserta ujian sebanyak 130 orang satu sesi. Sedangkan tanggal 9 September 2020 hanya dua sesi dengan memakai satu ruangan, satu sesi sebanyak 45 orang peserta ujian.

Sementara peserta tidak hadir tanpa keterangan, sesuai data yang ada, sesi I ada 3 orang absen dan sesi ke 2 ada 1 orang absen. Peserta ujian yang absen dinyatakan “gugur” sesuai dengan aturan yang ada.

Turut hadir dalam peninjauan itu, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, Sekda Kab. Karo Kamperas Terkelin Purba, Kepala Kantor Regional VI BKN English Nainggolan, asisten 3 Mulianta Tarigan, Kepala BKD Tommy Sidabutar, Kabag Protokoler Frans Leo Surbakti dan OPD Kabupaten Karo.

Reporter : Daniel Manik