Aceh  

Tuha Peut Lama Minta Kebijakan Pemko Langsa Realisasikan Dua Bulan Honor

LANGSA | Ratusan Tuha Peut Gampong (TPG) atau yang dikenal dengan sebutan nama lain Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berharap dan meminta kebijakan dari Pemko Langsa melalui dinas terkaitnya DPMG dan kecamatan terkait honor mereka.

Agar honor yang akan mereka terima nantinya pada pencairan ADD tahap pertama tahun 2024 dapat direalisasikan selama dua bulan terhitung bulan Januari dan Februari 2024, hal ini disampaikan kepada tim media, Minggu (11/2/2024).

Menurut mereka, Tuha Peut lama yang berakhir masa tugasnya pada tanggal 22 Januari 2024 sebagaimana tertara dalam SK pada sebelumnya, kemudian sesuai instruksi diperpanjang hingga tanggal 7 Februari 2024 sesuai tanggal pelantikan yang dilakukan pada enam tahun silam, tanggal 7 Februari 2018.

Terkait hal ini, Tuha Peut terpilih yang hingga saat ini belum juga dilantik, sementara pengesahan APBG masih dibolehkan tanda tangan TPG lama, maka tidak ada salahnya jika Pemko Langsa melalui pihak terkait alokasi dana desa yang ada, hendaknya dapat mengambil kebijakan merealisasikan dua bulan honor bagi TPG lama.

“Kami berharap, ada kebijakan dari Pemko Langsa kepada kami TPG lama yang sudah berakhir masa jabatan kami di tahun 2024, kebijakan tersebut sebagai bentuk tanda penghargaan bagi kami atas jasa-jasa selama enam tahun kami menjalankan tugas mengabdi jadi Tuha Peut Gampong (TPG) dimasing-masing tempat, ungkap Sulaiman salah satu Tuha Peut Gampong yang ada di kecamatan Langsa Timur.

“Kami tidak mengharapkan atau menuntut yang lainnya seperti pemberian Purna tugas bagi TPG, kami hanya berharap ada kebijakan agar dua bulan honor TPG dimasa akhir tugas di tahun ini, hal itu dapat dikabulkan oleh Pemko Langsa melalui pihak terkait dalam pengrealisasian anggara dana desa tersebut , tutup Sulaiman penuh harap mewakili seluruh Tuha Peut Gampong terdahulu yang ada di lima Kecamatan.

Sementara itu, untuk pelantikan Tuha Peut Gampong terpilih masa waktu 2024 – 2030, hal itu menurut Kadis DPMG Al Azmi yang dihubungi tim media ini, Minggu (11/2), pelantikan tersebut tidak dilakukan secara serentak, pelantikan akan dilakukan oleh masing-masing kecamatan.” Sebutnya.

“Untuk pelantikan TPG Gampong terpilih, itu tidak dilakukan secara serentak, pelantikan akan dilakukan dimasing-masing Kecamatan, saya telah lakukan koordinasi dengan Camat untuk menindaklanjuti pelantikan tersebut,” tegas Al Azmi singkat melalui selulernya kepada tim media ini. (red)