Opini  

Anda Wartawan Atau Jurnalis

Karyadi Bakat Wartawan Harian Orbit. (Foto/Ist).

Lebih Fleksibel

Berdasarkan sejarah, jurnalis berasal dari awal kata journal yang berarti catatan harian. Jurnalis memiliki pekerjaan yang identik dengan penulisan laporan, mereka adalah orang-orang yang istilahnya intelijen dalam suatu tim redaksi.

Jurnalis dapat bekerja sendiri sebagai penulis suatu artikel, yang nantinya artikel tersebut akan dimuat ke sebuah makalah yang dikerjakan oleh tim redaksi. Jurnalis juga dapat bekerja mencari berita dan melaporkannya lewat tulisan.

Wartawan adalah seseorang yang dapat bekerja meliput suatu kejadian, serta dapat bekerja menulis suatu berita.

Mereka menjadi fondasi untuk sebuah bagian redaksi suatu media massa, seorang wartawan dapat bekerja secara fleksibel melakukan kedua pekerjaan reporter dan jurnalis tersebut.

Jadi intinya, seorang reporter, tv atau radio, seorang jurnalis adalah wartawan, namun seorang wartawan belum tentu adalah seorang reporter atau jurnalis yang tertegun pada satu pekerjaannya, seorang wartawan dapat bekerja menjadi keduanya.

Nah dari uraian tersebut, silahkan pilih jadi Wartawan atau Jurnalis. Sepertinya sulit ditemukan benang merah, namun yang jelas keduanya merupakan profesi. *