Karo  

Bupati Karo Apresiasi Advokasi dan Sosialisasi Sub PIN Polio Sumut

Usai sosialisasi Sub PIN Polio Sumut, Cory S Sebayang Foto bersama dengan peserta

KARO I Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang apresiasi Advokasi dan Sosialisasi Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Sumatera Utara, Selasa (7/272023) di Hotel Grand Aston City Hall.

Kegiatan bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap pentingnya pelaksanaan Sub PIN vaksin
novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2), diperolehnya dukungan kebijakan dan operasional dari Pemerintah Daerah dan stakeholder dalam pelaksanaan Sub PIN nOPV2 dan untuk memutus serta mencegah terjadinya penularan virus polio Type 2 di Provinsi Sumatera Utara dan sekitarnya.

Merespon Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Polio Vaccine-Derived Poliovirus Type 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, pemerintah telah melakukan pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kepada seluruh anak usia 0 bulan-12 tahun se- Provinsi Aceh. Putaran pertama dimulai pada bulan November 2022 dan putaran kedua dimulai pada 31 Januari 2023.

Hasil putaran pertama Sub PIN Polio Aceh berhasil mengimunisasi sebanyak 1,1 juta anak (93,9%)  dan jumlah tersebut belum memenuhi  rekomendasi WHO yaitu sebanyak 2-4 juta sasaran terimunisasi nOPV2 agar dapat memutus rantai penularan, sehingga pelaksanaan Sub PIN Polio ini perlu diperluas ke wilayah yang berdekatan/berbatasan dengan Provinsi Aceh. Wilayah perluasan tersebut yang telah ditetapkan adalah Provinsi Sumatera Utara dengan melaksanakan Sub PIN nOPV2 sebanyak 2 putaran.

Selanjutnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyelenggarakan kegiatan pertemuan Advokasi dan Sosialisasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, agar pelaksanaan Sub PIN Polio Sumatera Utara berjalan dengan baik dan dapat mencapai target yang ditetapkan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Irna Safrina Br Milala, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Data Martina Br Ginting AP MSi.

Reporter : Daniel Manik