Bupati Tapsel Bangga Dibentuknya Seni Tari dan Drama

TAPSEL | Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama Ketua TP PKK Ny Rosalina Dolly Pasaribu menghadiri acara Silaturahmi Naposo Nauli Bulung (NNB) Sapanusunan di Alaman Bolak Bagas Godang Hakuriaan, Desa Muara Tais I, Kecamatan Angkola Muara Tais, Sabtu (1/6) malam.

“Silaturahmi tersebut bertujuan untuk mempererat dan menjalin hubungan tali persaudaraan. Selain itu juga kegiatan ini sebagai bentuk dukungan para pemuda kepada Pemkab Tapsel guna mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” jelasnya.

Bupati memaknai silaturahmi sebagai rasa syukur untuk menjaga kerukunan, rasa kesatuan dan persatuan yang sudah terjalin dengan baik. Karena itu Dolly merasa bangga atas peran serta Naposo Nauli Bulung Sapanusunan yang telah membentuk seni tari dan seni drama, terlebih silaturahmi yang diadakan di Bagas Godang Hakuriaan, ungkap Bupati dengan penuh bangga.

Bupati juga menyampaikan, sanggar seni yang sudah dibentuk agar dapat dikelola dengan baik.

“Bagaimana mengelola kawan-kawan kita ini menjadi satu wadah agar anak-anak bisa belajar seni tari, dan seni drama yang di sponsori pemerintah. Maka kami berharap kedepan kita bisa menghimpun anak-anak ini melalui Dinas Pariwisata, dan Dinas PP&PA, untuk bisa membangun karirnya seperti sanggar tari yang ada di Tapsel,” harap Dolly.

Lebih lanjut kata Bupati, baru-baru ini Sanggar Seni Sopodaganak memperoleh juara dan akan berangkat ke Milan, Turki dan Malaysia.

“Kami berharap dari Muara Tais juga bisa melakukan hal yang sama untuk semangat berlatih dan mudah-mudahan nanti ada kesempatan tampil,” harap Dolly.

Selanjutnya Dolly menyampaikan bahwa pemuda cukup banyak memberi peranan dalam pembangunan sumber daya manusia di Tapsel. Ia memaparkan bahwa dalam era digital masa kini, masyarakat dituntut untuk akrab dengan digital, tambahnya.

Dolly sudah berkali-kali mengakomodir peran pemuda melalui Santri Preneur, SMK Bisa, Digital Poso-Poso Preneur. Juga di bidang pertanian, Petani Milenial, Putri Pariwisata dan Duta Karang Taruna yang kesemuanya diharapkan mengasah dan menampilkan potensi anak muda Tapsel dan Naposo Nauli Bulung, harap Bupati.

Sementara itu Ketua Panitia selaku Pembina NNB Hakuriaan Sutan Raja Mulia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapsel dan berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan berkelanjutan dan dapat dukungan dari Pemkab Tapsel.

“Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati beserta Ibu atas kehadirannya bersama kami, di Sopo Godang ini dan kami berniat untuk menjadikan Sopo Godang sebagai pusat edukasi adat dan budaya serta pusat edukasi aksara Angkola yang dilaksanakan setiap malam Sabtu untuk belajar adat dan budaya,” terangnya.

Turut hadir, Staf Ahli, Kaban Kesbangpol, Kadis Pariwisata, Ka. Inspektur, Kabid PAUD, Kabag Hukum, dan Camat Angkola Muaratais.

Reporter : M.Harahap