Delegasi Ambassador Goes to Kampung KB Kunjungi Huta Siallagan, Pemkab: Kehadiran Mereka Menguntungkan Samosir

Kunjungan rombongan Delegasi Ambassador Goes To Kampung KB di Huta Siallagan Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. (Foto/Ist)

SAMOSIR | Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom diwakili Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM, didampingi Kadis PPKB dr. Friska Situmorang dan Camat Simanindo Hans R. Sidabutar menyambut hangat kunjungan para delegasi Ambassador Goes To Kampung KB di Pelabuhan Wisata Huta Siallagan Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (17/3/2023).

Kehadiran rombongan Duta Besar (Kedubes) dan para konsulat yang dikomandoi oleh Lalitbang BKKBN RI, Prof. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep, PhD, didampingi Kaper BKKBN Sumut, Mhd. Irzal, SE, ME serta perwakilan delegasi dari Kedutaan Besar Mozambik, Polandia, Rumania, Belanda dan UNFPA yang mewakili PBB dan perwakilan dari non-kedutaan seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), USAID Amerika, UNICEF, Seychelles, Konsulat Umum Singapura dari Medan, Konsulat Belanda dari Medan, Konsulat Jerman dari Medan dan UN World Food Programme mendapat apresiasi dari Pemkab Samosir.

Para delegasi, kemudian menuju objek wisata Huta Siallagan dan sangat mengagumi ke indahan lokasi tersebut. Setelah sampai mereka mendapat penjelasan tentang sejarah Huta Siallagan yang dipandu oleh Gading Jansen Siallagan.

Selanjutnya para delegasi disambut dengan tari-tarian dan musik khas Batak Toba, bahkan mereka juga diajak manortor.

Rombongan Delegasi saat mendengarkan sejarah tentang Huta Siallagan. (Foto/Ist)

Sebelum manortor, para delegasi tampak serius mendengarkan sejarah tentang Huta Siallagan dan kisah-kisah tentang apa-apa saja yang pernah terjadi di lokasi tersebut yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Bahkan para delegasi juga diinstruksikan oleh salah satu tetuah adat Huta Siallagan tersebut untuk berbaris, kemudian manortor dengan para warga setempat. Senyum sumringah pun tampak dari wajah-wajah para delegasi saat manortor.

Pemkab Samosir Apresiasi Kehadiran Delegasi dan Rombongan di Huta Siallagan

Bupati Samosir melalui Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir, titik Nol Peradaban Batak.

Ia mengatakan bahwa Pemkab Samosir menyambut baik kunjungan para delegasi dan rombongan dan berharap bisa menguatkan kerjasama dibidang ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, pariwisata dan teknologi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan sekaligus memperkenalkan potensi pariwisata Samosir di Dunia.

“Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, bisa bertemu dengan para delegasi, duta besar dan organisasi internasional di Samosir ini,” ungkap Hotraja.

Lalitbang BKKBN RI, Prof. M. Rizal Martua Damanik bersama Delegasi Ambassador Goes To Kampung KB saat mengunjungi Huta Siallagan. (Foto/Ist)

Menurutnya dengan kehadiran para delegasi dan dubes negara asing ke Samosir sehingga bisa membantu mempromosikan tentang keindahan panorama danau toba di Negara nya masing-masing.

“Berbicara dengan Samosir pasti luar biasa, jika dilihat panorama yang sangat indah ini. Mereka bilang luar biasa ya. Maka dengan kehadiran para delegasi tentu akan sangat menguntungkan Samosir. Sehingga tingkat kunjugan wisata nantinya diharapkan bisa meningkat,” katanya.

Kampung KB di Samosir

Dijelaskanya terkait dengan Kampung KB di Kabupaten Samosir bahwasanya program Bangga kencana melakukan kolaborasi dengan multi pihak.

“Angka stunting di Kabupaten Samosir sebesar 26,3 tahun 2022. Kita berharap bisa menurun lagi untuk tahun 2023,” ujarnya.

Lalitbang BKKBN RI, Prof. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep, PhD menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk berbagi mengenai implementasi dan praktik terbaik berbagai program pembangunan masyarakat melalui Kampung KB, keluarga berkualitas di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.

“Para delegasi juga kita ajak untuk mendalami potensi ekonomi dan kekayaan budaya. Saya telah berbicara kepada mereka, dan semua merasa terkesan dan tertarik atas penyambutan dan keramah-tamahan masyarakat yang mereka temui,” ujar Martua Damanik. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *