FPK Kota Binjai Kunjungi Sanggar Seni “Kresno”

BINJAI| Forum Pembauran Kebangsaam (FPK) Kota Binjai mengadakan kunjungan kerja ke Sanggar Seni & Budaya Jawa “ Kresno “ di komplek perumahan Damai Indah kelurahan Jati Makmur kecamatan Binjai Utara kamis (1/7/2021) .


Rombongan FPK kota Binjai dipimpin langsung oleh Kaban Kesbangpol Drs.H.T.Syarifuddin M.Pd. didampingi Ketua DPRD kota Binjai H.Noor Sri Syah Alam Putra ST. Ketua FPK kota Binjai Mahyadi Caniago.SP ,sekretaris FPK Sabarhati Ndururu ,jajaran FPK kota Binjai disambut langsung oleh Pengasuh Seni Budaya Jawa Kresno Suwarno dengan mempertujukkan tarian klasik jawa,dan gamelan jawa.


Dalam kunjungan kerja ini rombongan FPK kota Binjai ingin bersilahturahmi dan untuk saling berbagi imformasi , serta berbagi pendapat bagaimana eksitensi seni budaya jawa serta budaya etnis lainnya tetap hidup dan berkembang di kota Binjai
Ketua FPK kota Binjai Mahyadi Caniago.SP. dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya Sanggar Seni & Budaya Jawa “ Kresno “ dalam kunker ini , karena hasil rapat kerja FPK dengan Kesbangpol Kota Binjai beberapa waktu yang lalu dalam rangka memperkuat keberadaan FPK di Kota Binjai sebagaimana diatur dalam Permendagri No.34 Thn 2006.


Selain itu pihaknya juga banyak mendapat masukan bahwa akhir-akhir ini penggelaran seni budaya di kota Binjai mengalami stagnasi , untuk itu sangat dibutuhkan Peran FPK,DPRD serta steakholder lainnya.


“Harus ada upaya menangkal agar seni dan budaya kita tidak tergerus. Jangan sampai generasi penerus gagap budaya lokalnya sendiri,” ungkapnya
Harus dbisadari lanjut Mahyadi Caniago , kebudayaan memegang peranan penting dalam mengangkat harkat dan martabat suatu daerah. Peradaban dan harga diri suatu daerah tidak lepas dari tingginya nilai seni dan budaya daerah.

Karenanya untuk mempertahankan suatu seni dan budaya di tengah kemajuan globalisasi dunia, maka seni dan budaya harus dapat dijadikan sebagai aset serta warisan yang turun temurun di wilayah kota Binjai.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) kota Binjai Drs.T.Syarifuddin M.Pd. dalam sambutannya melaporkan bahwa FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.


Drs.T.Syarifuddin M.Pd mengatakan untuk kota Binjai Pembauran kebangsaan itu ada 18 etnis , selama ini diakui belum maksimal , kedepannya Insyah Allah kita akan kembangkan melalui proses pelaksanaan kegiatan yang akan kita anggarkan dalam APBD kota Binjai ,” ujarnya.


Ketua DPRD kota Binjai H.Noor Sri Syah Alam Putra ST dalam sambutannya berjanji akan memperhatikan dan mendukung seni budaya 18 etnis di kota Binjai, “ kedepannya Insyah Alllah program dan giat FPK akan kita anggarkan dalam APBD, dan kita harapkan Tahun 2021 FPK dpt melaksanakan Tupoksinya dengan maksimal. “ pungkasnya.

Reporter : Arifin Pohan