Jelang Serah Terima, Deputi II KSP & BNPB Tinjau Huntap Tahap III Siosar

oleh -196 views
Deputi II KSP, Abetnego Panca Putra Tarigan didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat melakukan diskusi bersama Asisten Deputi PB Kemenko (PMK) Nelwan Harahap dan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernadus. (orbitdigitaldaily.com/HO)

TANAHKARO – Menjelang serah terima secara simbolis, Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Panca Putra Tarigan bersama Asisten Deputi Penanganan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Kemenko PMK) Nelwan Harahap tinjau pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) III di Desa Siosar, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Senin (27/07/2020) petang.

Peninjauan itu turut didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernadus, Kepala BPBD Sumatera Utara, Ir Riadil Akhir Lubis Msi, Kalak BPBD Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu dan Kabid Rehabilitasi/Rekonstruksi, Nius Abdi Ginting.

“Kini pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di atas lahan 70 hektar yang diperuntukan bagi 1.038 kepala keluarga (KK) berasal dari Desa Desa Sigarang-garang, Sukanalu, Mardingding dan Dusun Lau Kawar telah selesai dikerjakan dan direncanakan diserahterimakan secara simbolis, Selasa (28/07/2020) di aula kantor Bupati Karo,” ujar Terkelin Brahmana di sela peninjauan itu.

Menurutnya, pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di lapangan sesuai dengan rencana, diharapkan bisa secepatnya ditempati saudara-saudara kita dari Desa Desa Sigarang-garang, Sukanalu, Mardingding, dan Dusun Lau Kawar.

“Seremoni serah terima secara simbolis akan dilakukan secara sederhana, mengingat protokol Covid-19 harus tetap kita patuhi,” kata Bupati.

Di kesempatan itu, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernadus mengungkapkan, sejak dimulainya pembangunan Huntap Relokasi Tahap III, BNPB mendapatkan laporan secara berkala terhadap progress pembangunan.

Hanya saja, kata Ali Bernadus, BNPB ingin memastikan dan melihat langsung Huntap Relokasi Tahap III di Siosar.

“Semuanya sudah berjalan baik, saudara-saudara kita sudah bisa menempati Huntap ini,” katanya.

Sementara, Deputi II KSP, Abetnego Panca Putra Tarigan, mengatakan, pemerintah menerapkan tiga tahapan relokasi untuk penanganan pasca bencana erupsi Gunung Sinabung, yakni tahap pertama berupa pemenuhan kebutuhan relokasi untuk 370 kepala keluarga (KK) di kawasan Siosar yang berasal dari tiga desa yaitu Desa Bekerah 112 KK, Sukameriah 128 KK, dan Simacem 130 KK.

Selanjutnya, tahap kedua, pemenuhan kebutuhan relokasi mandiri untuk 1.655 KK dan 181 KK data tambahan yang berasal dari empat desa yaitu Desa Gurukinayan 778 KK, Kutatonggal 108 KK, Berastepu 611 KK, dan Gamber 158 KK.

Di tahap kedua itu, masyarakat memperoleh bantuan dana rumah dan bantuan lahan usaha tani dengan metode pembangunan rumah yang tersebar di 22 hamparan.

Secara teknis, pelaksanaan pembangunan rumah tersebut didampingi tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak) dari Kementerian PUPR, kata Abednego Tarigan.

“Pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) III di Desa Siosar di atas lahan 70 hektar yang diperuntukan bagi 1.038 kepala keluarga (KK) berasal dari Desa Desa Sigarang-garang, Sukanalu, Mardingding, dan Dusun Lau Kawar yang menurut rencana akan diserah terimakan secara simbolis, Selasa ini di aula kantor Bupati,”, tuturnya.

Kepala BPBD Sumatera Utara, Ir Riadil Akhir Lubis, menambahkan, untuk relokasi hunian tahap III pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp161,7 miliar, meliputi, pembuatan site plan, pematangan lahan, perumahan dan infrastruktur dasar pemukiman, sistem penyediaan air minum (SPAM), lahan usaha tani (LUT) dan pendampingan.

Reporter: Daniel Manik