Kaper BKKBN Sumut Munawar: Fokus Mengutamakan IKU dan Penurunan Stunting

Kaper BKKBN Sumut Dr. Munawar Ibrahim SKp, MPH didampingi Sekretaris BKKBN Sumut, Yusrizal. (Foto/Ist)

MEDAN | Dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Utara yang baru, Dr. Munawar Ibrahim SKp, MPH mengaku akan mengutamakan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Hal itu dikatakannya saat hari pertama menjabat, Sabtu (1/7/2023) yang berkeliling melihat situasi kantor Perwakilan BKKBN Sumut di Jl. Gunung Krakatau No. 110 Medan.

“Saya akan mengutamakan fokus kerja utama IKU dan penurunan stunting,” katanya didampingi Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumut Yusrizal.

Baca Juga : M Irzal Yakin Angka Stunting di Sumut Berhasil Diturunkan 14 Persen Pada 2024

Menurutnya adapun IKU BKKBN diantaranya angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) angka prevalensi kontrasepsi modren, persentase kebutuhan ber KB yang tidak terpenuhi atau unmetneed, angka kelahiran remaja usia 15-19; tahun, indeks pembangunan keluarga, median usia perkawinan pertama, persentase baduta stunting.

“Saya akan berusaha berkolaborasi dengan kawan-kawan agar lebih baik lagi, juga sinkronisasi percepatan penurunan stunting di Sumut. Sudah on the track dan akan lebih dioptimalkan lagi,” ujarnya.

Sekedar diketahui putra terbaik Pidie Jaya ini pernah menjabat sebagai Kaper BKKBN Provinsi Jambi. Selanjutnya Kepala BKKBN, Dr (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) belum lama ini melantik 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan BKKBN tepatnya di ruang Ballroom Halim BKKBN, Jakarta Timur, Kamis sore lalu (22/6/2023).

Dari 10 Kaper BKKBN Provinsi yang dilantik, salahsatunya adalah Kaper BKKBN Provinsi Jambi, Dr. Munawar Ibrahim SKp, MPH yang menjadi Kaper BKKBN Sumut menggantikan Muhammad Irzal. (Red)