Kapolrestabes Medan: Narkoba Membahayakan Bangsa dan Negara

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto Msi menyaksikan penandatanganan komitmen Integritas oleh Kasat Narkoba AKBP Raphael Sandi SIK. ORBIT/Toni Hutagalung

Medan-ORBIT: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto pimpin penanda tanganan komitmen Integritas personil Satres Narkoba Polrestabes Medan dan pelaksanaan kerja bakti sosial membersihkan lingkungan tempat ibadah, digelar di lapangan apel Polrestabes Medan Jalan HM Said Medan, Kamis (24/1/2019).

Kapolrestabes Medan dalam amanatnya menyampaikan, integritas salah satu komitmen moral yang tertanam di jiwa yang akhirnya mendorong penanganan narkoba sebagai bentuk komitmen integritas personil Satres Narkoba.

“Apel kerja bakti akan menggandeng berbagai unsur termasuk dari rekan TNI yang mana sasarannya adalah tempat-tempat ibadah, gereja, pura, kuil dan lainnya,” ujar Kombes Dadang.

Menurut, Dadang secara harfiah untuk menjadikan polisi sebagai pelopor kebersihan di tempat ibadah dapat mendorong masyarakat untuk berbuat yang sama membersihkan tempat ibadah masing-masing.

Dengan demikian masyarakat terdorong untuk berprilaku bersih, seperti halnya umat Islam setiap akan melakukan salat harus bersih dan suci dengan mengambil air wudhu. Meski kebiasaan-ini memang kecil namun memberikan dampak yang besar yang berujung pada perilaku masyarakat.

“Di kantor ini contohnya, puntung rokok berserakan, tisu-tisu bertebaran di mana-mana ini kan perilaku yang egois, di rumahnya mau bersih tapi di tempat lain buang sampah sembarangan padahal dampaknya lingkungan tidak bersih akan menimbulkan bibit penyakit yang akan menggangu kesehatan di lingkungan masyarakat,” sebut mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri.

Sehubungan dengan itu, sambung Dadang, penandatanganan integritas penanganan narkoba sangat penting, karena narkoba adalah musuh bersama, sudah sangat membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara terutama terhadap generasi penerus bangsa.

“Kita tahu strategi mafia narkoba selalu berusaha memperbanyak pengguna narkoba dengan memperluas pangsa pasarnya merekrut pengedar narkoba dengan berbagai cara mendekati aparat, maka tidak jarang dari aparat penegak hukum termasuk oknum polisi tersangkut narkoba,” sambungnya lagi.

Turut hadir waka Polrestabes Medan, para Kasat, para pejabat dan para Kapolsek sejajaran Polrestabes Medan,usaiĀ  apel dilanjutkan dengan foto bersama dan lanjut bergerak kerja bakti di tempat-tempat ibadah yang telah ditentukan lokasi-lokasinya. Om-10