Karang Taruna Harus Jadi Pioner Pembangunan di Sektor Pertanian ​​​​​​

oleh -235 views
Bupati Palas Ali Sutan Harahap menerima cendramata kerajinan tangan dari Karang Taruna  Senin (22/6)

PALAS – Pemuda Karang Taruna di Kabupaten Padanglawas ( Palas) Sumatera Utara didorong menjadi pioner dan penggerak sekaligus menjadi petani milenial dalam mendukung, mengembangkan, dan memajukan di sektor pertanian

Pemuda Karang Taruna didorong menjadi petani milenial karena punya semangat tinggi dan kinerja bagus.

Hal itu disampaikan Ketua Karang Taruna Sumatera Utara Dedi Dermawan saat sosialisasi new Normal dan konsolidasi organisasi Karang Taruna Padanglawas dan Karang Taruna Sumatera Utara Senin (22/6/2020) di aula pedopo bupati Padanglawas.

” Jangan pernah malu jadi petani, pemuda yang ada di desa tidak perlu harus merantau ke kota, cukup tinggal di desa dan bangun lahan lahan yang masih kosong,” kata Dedi.

Selain itu  kata Dedi, Karang Taruna dinilai mampu menerapkan teknologi di bidang pertanian, punya wawasan agrobisnis.

“Melalui program tersebut, Karang Taruna bisa menjadi motor penggerak pertanian sehingga memotivasi pemuda membangkitkan semangat mereka,” katanya.

Ia menambahkan, keterlibatan Karang Taruna dalam mendukung, mengembangkan, dan memajukan di sektor pertanian sangat dibutuhkan seiring berkurangnya pekerja petani senior.

“Pemuda Karang Taruna diharapkan bisa melahirkan sosok petani muda serta mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan menginspirasi generasi muda lainnya di bidang pertanian,” ungkapnya.

Tidak saja di sektor pertanian, Karang  Taruna juga diberikan bidang masing-masing seperti dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, keagamaan dan kesenian.

Sementara itu Bupati Palas Ali Sutan Harahap mengatakan, Pemkab Palas siap mendukung program Karang Taruna. Apalagi Palas memiliki potensi yang luar biasa di sektor pertanian.

Bupati juga mendorong pemuda Karang Taruna agar lebih proaktif lagi dalam memanfaatkan potensi lahan tidur yang tidak digunakan.

Reporter : Firdaus Hasibuan