Medan

Mia Carolina Kaban: Perekrutan Panwas TPS Harus Transparan dan Berintegritas

Medan ORBIT: Wakil Bendahara Partai Demokrat Sumut Mia Carolina Kaban SE Ak mengingatkan agar perekrutan Panwas TPS yang dilakukan oleh Panwas Kecamatan harus berjalan transparan dan berintegritas sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Perekrutan Panwas TPS itu harus dilaksanakan dengan transparan artinya seleksi dan rekam rekam jejak pendaftar disampaikan kepublik sehingga tidak ada ditemukan Panwas TPS itu  pengurus Parpol atau terikat dengan tali perkawinan.Jangan sampai ditemukan suaminya Panwas Kecamatan istrinya Panwas Lapangan atau Panwas TPS atau sebaliknya,” kata Mia Kaban kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).

Selain itu sebut Mia calon Panwas TPS itu harus memiliki SDM yang mumpuni sebab tugas Panwas TPS itu cukup berat karena ujung tombak dari pengawas Pemilu apalagi nanti di TPS akan dihitung lima surat suara karena Pemilu kali ini merupakan Pemilu serentak yakni Pilpres dan Pileg.

“Ujung tombak dari pengawasan Pemilu ini adalah Panas TPS jadi kalau Panwas TPS ini tak beres maka kualitas Pemilu kali ini bisa dipastikan tidak beres juga,” kata Mia Kaban panggilan akrab bagi kader Partai Demokrat ini.

Jadi sebut Mia kembali integritas Panwas Kecamatan diuji dalam perekrutan Panwas TPS kali ini sebab pertama kali pelaksanaan Panwas TPS adalah Pemilu 2019 ini meskipun pada Pilkada baru-baru ini Panwas TPS sudah diadakan namun pada Pemilu kali ini tentu akan lebih berat karena kontestan atau peserta Pemilu akan lebih banyak.

Tahapan perekrutan Panwas TPS sebut Mia sudah digelar sejak 4 Februari 2019 lalu dan pendaftaran dibuka pada 11-21 Februari 2019 kita berharap agar seluruh masyarakat bisa ikut melakukan pengawasan terhadap perekrutan ini .Apalagi kita mendapatkan informasi di lapangan sejumlah sudah ada sejumlah pihak yang mengkondisikan orang orang untuk dijadikan sebagai Panwas TPS itu.

“Informasi ini memang harus dibuktikan makanya sebagai masyarakat harus melakukan pengawasan ketat terhadap perekrutan Panwas TPS ini,” demikian Mia. Or-03

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button