PT TPL Perketat SOP Keselamatan Antisipasi Wabah Covid-19

oleh -1.314 views
Penyemprotan salah satu ruang kerja managemen PT. TPL, Senin (23/3/2020). (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

TOBA – Guna mencegah penyebaran wabah Covid-19, PT Toba Pulp Lestari (TPL) meningkatkan sejumlah prosedur pencegahan dan penanganan dalam rangka mencegahnya penyebaran Covid-19.

Langkah pencegahan dan penanganan yang ditempuh TPL juga tidak terlepas dari upaya menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan saat ini dan di masa mendatang.

Direksi TPL, Mulia Nauli mengatakan, demi mencegah Covid-19 di lingkungan kerja, TPL juga membuat aturan ketat sebagai langkah pencegahan.

Sejumlah standard operation procedure (SOP) pencegahan dan penanganan di lingkungan kantor dan juga karyawan telah dibuat dan jalankan secara disiplin.

“Dasarnya sangat jelas, bahwa kami melaksanakan ini demi menjaga lingkungan kerja yang steril. Kondisi karyawan yang sehat dan keberlangsungan bisnis TPL,” terangnya.

“Salah satu upaya yang kami lakukan antara lain membatasi kunjungan tamu ke dalam lingkungan kerja perusahaan. Baik di kantor pusat di Parmaksian, kantor perwakilan di medan dan di semua estate lokasi kerja perusahaan.”

Tak hanya itu, PT TPL kata Mulia, juga membatasi karyawan maupun keluarga karyawan ke luar daerah.

“Selain itu juga, ada izin khusus dan pembatasan bagi semua karyawan dan keluarga untuk melakukan perjalanan ke daerah di luar areal kerja masing masing,” ungkap Mulia.

Perusahaan sendiri, lanjut Mulia telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam usaha penanganan penyebaran virus. “Kami selalu melaporkan perkembangan terbaru terkait kondisi lingkungan pekerjaan perusahaan kepada pemerintah melalui puskesmas terdekat,”

“Hingga saat ini, belum ada satu orang pun karyawan TPL yang terindikasi terpapar virus corona. Kita harapkan kita benar benar bisa mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kerja kita,” pungkas Mulia.

Pantauan media di sekitar operasi TPL, ada empat titik yang rutin dilakukan pemeriksaan dan pengukuran suhu tubuh yakni di Pos Utama, Pos Container, Pos Townsite A, dan Townsite B. Semua orang yang keluar masuk area diperiksa suhu tubuhnya.

Reporter: Bernard Tampubolon