Satgas PMK Dinas Pertanian Madina Lakukan Vaksinasi Pada Sapi

satgas pmk madina
Mengantisipasi mewabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, melakukan vaksinasi dosis pertama pada hewan sapi.(ist)

MADINA | Mengantisipasi mewabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, melakukan vaksinasi dosis pertama pada hewan sapi. Vaksinasi pertama ini dilaksanakan di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Kotanopan dan Muara Sipongi.

Kapolres Madina AKBP. HM.Reza C.A.S, selaku  pengarah satgas PMK, didampingi Waka Kompol Agus Maryana, dan PJU Polres Madina, Kadis Pertanian Siar Nasution SP serta unsur Forkopimcam ikut serta dalam pemberian vaksinasi ini.

Kapolres Madina dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dosis vaksin yang sudah tersedia untuk Madina ada 400 dosis.

“Yang kita laksanakan hari ini di dua Kecamatan masing-masing dibagi 100 dosis untuk satu Kecamatan,” ungkap Kapolres pada, Jumat (15/7/2022).

Sementara itu Kadis Pertanian Siar Nasution SP dalam satu bulan kedepan pihaknya akan kembali melakukan vaksinasi dosis kedua.
“Sesuai informasi dari Provinsi Sumut dalam 30 hari itu wajib vaksin ke dua, dan ini juga nanti akan ada vaksin booster,” terang Siar.

Sementara untuk hewan sapi yang ada di Madina ada sekitar 2000 ekor, namun jumlah dosis vaksin yang baru diterima masih 400.
“Seharusnya kita mendapat 2000 dosis namun karena keterbatasan baru sekitar 400 dosis yang diterima,” katanya.

Lebih jauh Siar menyampaikan, saat ini PMK pada hewan sapi tidak ada lagi ditemukan, akan tetapi ia berharap kepada peternak jika nanti menemukan gejala agar secepatnya melaporkan kepada penyuluh.

“Ini yang kita harapkan jika menemukan gejala agar secepatnya melaporkan agar cepat kita tangani, tetapi bila terlambat ini yang membuat virus PMK berkembang,” tutupnya.

Reporter : Sulaiman Nasution