Setelah Teken MoU Pemanfaatan Mata Air, PDAM Tirtanadi Salurkan CSR Kepada Pemdes Merdeka

oleh -64 views

TANAH KARO Guna meningkatkan pelayanan air bersih kerumah-rumah pelanggan disekitar kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menyarankan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, supaya memfasilitasi pertemuan antara pihak PDAM Tirtanadi dengan perwakilan warga Desa Merdeka, untuk membuat satu kesepakatan melalui Memory Of Understanding (MoU) dan pemberian Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat desa itu, terkait pemanfaatan sumber mata air.

Menyahuti saran Wagubsu Musa Rajekshah, Bupati Karo Terkelin Brahmana telah mempertemukan kedua belah pihak di ruang kerja Bupati Karo. Dari hasil pertemuan itu, kedua belah pihak setuju untuk membuat MoU dan pemberian CSR, yang selanjutnya dilaksanakan penandatangan MoU oleh kedua belah pihak hari itu.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Senin (27/7/2020) siang di Kantor Bupati Karo, jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Disela sela-sela penandatangan itu, Terkelin Brahmana berharap, supaya apa yang telah dituangkan dalam kesepakatan bersama itu, hendaknya masing-masing pihak tetaplah mematuhi terkait hak dan kewajiban.

“Terutama pihak kesatu agar selalu meningkatkan pelayanan 3 Tas air (kualitas, kuantitas dan Kontinuitas) maupun kewajiban menjaga kelestarian hutan milik negara dan sumber-sumber air (bron 1,bron 2 dan bron 3) yang ada di Desa Merdeka,”. ungkap Terkelin.

“Sebaliknya, pihak kedua akan menerima CSR dari pihak pertama sebesar 12.500.000.- setiap tahun, dimulai tahun 2021 mendatang, supaya mengalokasikan uang CSR itu bagi masyarakat desa tepat sasaran,” sarannya.

Sementara pihak PDAM Tirtanadi Medan Humarkar Ritonga mengatakan pemberian CSR itu merupakan sebagai bentuk tanggung jawab kepada desa Merdeka dengan tujuan dapat dipergunakan untuk kemakmuran masyarakat desa.

Menanggapi pihak PDAM Tirtanadi Medan Humarkar Ritonga, Kades Merdeka, Karius Surbakti mengapreisasi Pemkab Karo atas upaynya memediasi pihaknya dengan PDAM Tirtanadi, sehingga apa yang dinantikan masyrakat desa Merdeka selama ini dapat terealisasi dan terwujud.

Hadir dalam pertemuan itu, Kepala sekretaris PDAM Tirtanadi Medan Humarkar Ritonga (pihak kesatu), kepala desa Merdeka Karius Surbakti (pihak kedua), Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Camat Merdeka Drs Oberlin Abri Virgo Sembiring, Ketua BPD Desa Merdeka Sempakata Surbakti, Direktur Air Minum Tirtanadi Joni Muliadi, Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Berastagi Taufik Siregar SE

Reporter : Daniel Manik.