Sugianto Makmur Minta Pemerintah Cabut Larangan Ekspor CPO

Anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur (Foto/Ist)

MEDAN | Menyikapi kebijakan pemerintah pusat, anggota DPRD Sumut, Sugianto Makmur, menghimbau supaya larangan ekspor segera dicabut. Alasannya, karena sebelum larangan ekspor CPO, minyak goreng curah perlahan tapi pasti sudah mulai menjawab permasalahan kelangkaan dan harga.

” Keputusan melarang ekspor ini, hanya menimbulkan masalah yang tidak perlu dan diterapkan pas sebelum lebaran, menimbulkan duka yang mendalam bagi petani rakyat,” kata Sugianto kepada wartawan Minggu (1/5/2022).

Sugianto juga menyesalkan para menteri yang tidak sanggup memberikan masukan yang tepat bagi Presiden. Sungguh memalukan, ketika harusnya kenaikan harga CPO membawa berkah bagi masyarakat dan negara, kita malah menghentikan ekspornya.

Sugianto juga mengingatkan, bila kita tidak mengambil keuntungan atas tingginya harga komoditi produk Indonesia maka sdh pasti neraca perdagangan kita akan defisit. Karena pada saat ini, semua komoditi sedang naik harganya dan kita masih mengimpor kedelai, produk besi/baja, gandum dan sebagainya.

Selain itu, sebut Sugianto harga komoditi yang tinggi, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian di daerah penghasil tanpa program stimulus dari APBN/APBD. Ini adalah double blessing.