Tantang Suami Sendiri Tarung Pilkades, Akhirnya Istri Kalah Telak

oleh -717 views

NARUMONDA – “SEMOGA proses Pemilihan Kepala Desa ini dapat berlangsung dengan lancar, dan semoga semua pihak menerima hasilnya nanti setelah penghitungan suara, apalagi kedua calon ini adalah Pasutri,”

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  (DPMD) Kabupaten Toba Samosir melalui Pelaksana Harian (plh) Kepala Bidang Pemerintahan, Rajiun Tampubolon Amd saat akan dilaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Narumonda 2.

Pilkades Narumonda 2, Kecamatan Siantar Narumonda (Sinar) itu sendiri dilaksanakan di halaman desa pada Senin (28/10/2018) disaksikan Camat Sinar Pintor Pangaribuan, unsur TNI POLRI, Plt Kades, Lisman Marpaung  dan puluhan warga setempat.

“P2KD telah bersusah payah melaksanakan tugasnya dan hingga kini telah berjalan dengan baik, mulai proses pendaftaran yang terbuka dan transparan dimana yang daftar hanya pasutri ini,” lanjut Rajiun.

Sementara itu, Pintor menambahkan bahwa Pilkades itu dilaksankan sesuai amanah undang-undang tentang desa yang mengatakan apabila pejabat Kades defenitif berhalangan tetap maka ada aturan tata cara penggantiannya.

“Apabila Kades defenitif yang berhalangan tetap tersebut sudah menjabat lebih dari dua tahun maka dilaksanakan Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW) hingga masa tugas Kades sebelumnya habis,”

“Pilkades di desa ini selanjutnya akan dilaksanakan pada Pilkades serentak tahun 2021. Jadi jabatan kades ini hanya dua tahun terhitung sekarang,” pungkasnya.

Informasi yang diperoleh pada pelaksanaan Pilkades itu, yang mempunyai hak pilih hanya para perangkat desa saja yang jumlahnya 18 orang.

Usai pencoblosan, panitia P2KD mengumumkan perolehan suara. Jumlah suara Cakades nomor 1, Masdulhad Rajagukguk sebanyak 16 suara, sedang nomor 2 yang merupakan istri nomor 1 sendiri, Jenny Simanjuntak sebanyak 1 suara, 1 suara lagi dinyatakan batal sebab tidak memilih.

Dalam keterangannya, Masdulhad, pemenang Pilkades itu mengharap nanti untuk pelantikannya langsung oleh Bupati Tobasa. “Saya sangat berharap, bupati yang melantik saya,” harapnya.

Reporter : Bernard Tampubolon