Agar Tak Terpapar Radikalisme, Kesbangpol Sumut Bekali Mahasiswa Nilai – nilai Kebangsaan

oleh -153 views

MEDAN – Kesbangpol Sumut bekali Mahasiswa di Kota Medan dengan Nilai – Nilai Kebangsaan lewat acara Forum Dialog Penguatan Nilai- nilai Kebangsaan , Senin (14/10/2019) di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam Medan.

Kaban Kesbangpol Sumut Anthoni Siahaan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai nilai kebangsaan di kalangan mahasiswa karena saat ini mahasiswa sangat rentan terpapar faham Radikalisme.

” Saya berharap setelah kegiatan ini adik adik mahasiswa bisa mengimplementasikan apa yang di dapat dari kegiatan ini ke lingkungan masing masing sehingga lingkungan tidak bisa tersentuh oleh faham Radikalisme tersebut ,” kata Anthoni.

Anthoni menjelaskan saat ini kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara kita tengah diuji oleh adanya aliran dan faham yang ingin memecah belah kesatuan dan keutuhan NKRI, faham faham itu dibawa masuk oleh kelompok yang ingin merusak keutuhan NKRI lewat seluruh elemen masyarakat termasuk mahasiswa, ormas dan lainnya.

” Intinya saya berharap adik adik mahasiswa bisa menularkan nilai nilai positif dari dialog ini, khususnya implementasi nilai nilai kebangsaan,” sebut Anthoni.

Dialog tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Akademisi dari UHN Maringan Panjaitan, Perwira TNI AU Mayor Raja MT Sitorus.

Maringan dalam paparannya menegaskan bahwa Radikalisme itu merupakan faham yang tidak sesuai dengan nilai nilai Pancasila dan itu harus dimusnahkan karena mengancam keutuhan NKRI kedepannya.

Dosen UHN ini juga mengungkapkan bahwa untuk memahami nilai nilai Pancasila haruslah dilakukan secara utuh dan tidak bisa setengah setengah. ” Pemahaman itu harus dilakukan untuk seluruh sila Pancasila tersebut agar pemahaman kita tidak menyimpang,” sebut Maringan.

Sementara Mayor TNI AU Raja MT Sitorus menegaskan bahwa sesama anak bangsa tidak boleh saling menyakiti karena tidak ada ajaran agama yang mengajarkan umatnya untuk saling menyakiti. ” Agama mengajarkan kita untuk selalu menciptakan kedamaian di muka bumi ini,” kata Mayor Raja.

Ketua panitia Achmad Firdaus Hutasuhut melaporkan kegiatan ini diikuti 100 orang mahasiswa yang berasal dari universitas yang ada di Kota Medan. Kegiatan ini sebut Firdaus dilakukan berkesinambungan yang tujuannya untuk menangkal faham Radikalisme di kalangan mahasiswa .rel