CSR PT SMGP, Dua Kelompok di Sibanggor Tonga Dapat Bantuan

PT.SMGP dan kelompok saat menabur benih ikan (Sulaiman Nasution)

MADINA | PT SMGP (Sorik Marapi Geothermal Power), perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) kembali meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau pemberdayaan masyarakat di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Senin (24/7/2023)

Ada dua kelompok yang menerima bantuan CSR PT SMGP di desa ini, yaitu kelompok Muda Berkarya dan kelompok Aek Raja Nauli. Sedangkan satu kelompok bernama Berkah Jaya akan menyusul penyerahan bantuannya.

Kelompok Muda Berkarya dari kalangan pemuda atau NNB (Naposo Nauli Bulung) Desa Sibanggor Tonga beranggotakan 17 orang. Bantuan yang diserahkan berupa benih ikan mas. Sedangkan kelompok Aek Raja Nauli dari kalangan orangtua dengan jumlah anggota 17 orang juga, bantuan yang diserahkan berupa benih ikan nila. Jumlah bantuan benih ikan keseluruhan 350 Kg. Tidak hanya bantuan benih, PT SMGP melalui Departemen CDCR juga memberikan pendampingan program kepada masing-masing kelompok sehingga menumbuhkan kelompok usaha baru dan berkelanjutan.

Ketua Kelompok Aek Raja Nauli, Mulyadi Nasution mengucapkan terima kasih kepada PT SMGP yang memperhatikan ekonomi masyarakat. Mulyadi menyebut tahun ini banyak perbaikan metode bantuan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat yang tujuannya untuk membantu masyarakat mandiri ekonomi.

“Kami berharap SMGP melakukan monitoring dan membimbing anggota kelompok agar hasil dari budidaya ini nanti memuaskan, sehingga tahun depan kelompok budidaya ikan ini lebih banyak lagi dan pada akhirnya ekonomi masyarakat bisa tumbuh secara mandiri,” harap Mulyadi, kepala desa Sibanggor Tonga yang baru saja berakhir masa jabatannya.

Jadi Percontohan

Ahmad Roihan, mewakili kelompok Muda Berkarya juga mengucapkan terima kasih karena perusahaan turut merangkul kalangan pemuda desa dengan memberikan pelatihan wirausaha yang baik.

“Semoga bantuan PT SMGP ini bisa menjadi percontohan untuk menguatkan perekonomian desa. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian perusahaan kepada masyarakat melalui program CDCR yang tujuannya masyarakat bisa mandiri,” ucapnya.

Ade Robi Cahyadi, Community Development dan Community Relation (CDCR) Coordinator dalam sambutannya menyampaikan, perusahaan punya komitmen membantu perekonomian masyarakat di wilayah kerja panas bumi melalui pemetaan potensi di masing-masing desa.

“Bantuan ini merupakan program CSR perusahaan, masyarakat yang mengusulkan lalu kita lakukan evaluasi, selanjutnya hari ini kita realisasikan,” kata Robi.

Ia menjelaskan program ini bertujuan agar masyarakat bisa mandiri secara ekonomi, karena perusahaan mempunyai batas waktu beroperasi dan pada waktunya perusahaan akan menyelesaikan kegiatannya.

“Kita harap program ini bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat agar bisa mandiri dan berkelanjutan. Perusahaan ada waktunya menyelesaikan semua kegiatan. Kalau nanti sudah tidak ada lagi kegiatan projek ini, masyarakat sudah bisa mandiri,” pesannya.

Ia juga mengingatkan anggota kelompok agar saling bekerja sama dan sama-sama bekerja menjalankan kegiatan budidaya ikan itu.

Pj kepala Desa Sibanggor Tonga, Abdul Rasyid turut menyampaikan terima kasih atas konsistensi PT SMGP memperhatikan masyarakat sekitar wilayah kerjanya.

Pemerintah Desa Sibanggor Tonga mengucapkan terima kasih yang telah memberikan bantuan CSR ke desa ini. Semoga bantuan yang diberikan dapat menghasilkan manfaat dan berkah untuk masyarakat kami terutama pengurus kelompok.

Reporter : Sulaiman Nasution