Nikson Launching Bansos Sembako dari Provsu

oleh -352 views
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si launching Bansos semabako dari Provinsi Sumatera Utara untuk warga terdampak Covid-19.

TAPANULI UTARA – Bupati Tapanuli Utara (Taput), Niskon Nababan launching bantuan sosial program sembako dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Acara launching sembako dilaksanakan di halaman SMPN 3 Adiankoting Desa Banuaji II Kecamatan Adian Koting, Rabu (20/5/2020).

Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dilaksanakan secara simbolis. Sementara Bansos yang diberikan untuk masyarakat terdampak Covid-19, berupa sembako setara dengan Rp. 225.000 untuk setiap Kepala Keluarga (KK) penerima. Hadir untuk menyaksikan acara penyaluran Bansos sembako Provinsi, Kajari Tarutung, Perwakilan Polres Tapanuli Utara, Dandim 0210/TU Agus Widodo dan sejumlah para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Kabupaten Tapanuli Utara.

Diselah acara launching penyaluran Bansos sembako, Nikson Nababan mengatakan, bahwa ada 2 opsi yang ditawarkan Gubernur Sumatera Utara.

“Opsi pertama Bansos sembako dikirim dari Medan dan opsi kedua membeli barang di Tapanuli Utara”

Dengan adanya pilihan tersebut, saya pilih kebijakan opsi ke 2, yakni membeli sembako di Tapanuli Utara. Tentu kebijakan itu saya pilih bertujuan untuk perputaran uang di daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Selain itu, e-warung penyalur milik warga yang telah ditunjuk ada kegiatan. Namun, para pemilik e-warung tidak boleh mengurangi jatah masing-masing penerima Bansos sembako.

“Saya tekankan, bilamana ada e-warung yang mengurangi nilai barang bantuan, akan diberi sanksi atau berurusan dengan hukum,” tegas Nikson Nababan.

Nikson Nababan juga mengingatkan dan menghimbau, agar dalam pelaksanaan penyaluran bantuan ada jadwal masing-masing penerima bantuan dan harus ditempelkan di lokasi e-warung. Hal tersebut, guna untuk menghindari antrian dan kerumunan. Untuk tenaga pedamping, agar mengkordinir dengan baik dan para Kepala Desa harus jujur dalam pemberian data penerima bantuan.

“Para Para Kepala Desa harus jujur serta bijak melakukan verifikasi kelayakan penerima bantuan dan jangan sampai membuat malu, serta jaga nama baik daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Apabila ada calon penerima yang semestinya tidak layak menerima, silahkan ganti dengan orang yang lebih layak. Selama penyaluran bantuan, para Kepala Desa tertap berkoordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa sesuai wilayah masing-masing,” tegas Nikson Nababan mengingatkan Kepala Desa.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Lingkungan Hidup (Lindup) Provinsi Sumatera Utara Binsar Situmorang, sampaikan apresiasi kepada Bupati Tapanuli Utara, atas kebijakan dan kemauan Pemerintah setempat membangkitkan perekonomian masyarakat dan juga dalam hal menyeragamkan harga,” ujar Binsar Situmorang.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Tangkas Manippan Lumbantobing, dalam acara yang sama, juga memberi himbauan, agar seluruh masyarakat mengawal bantuan ini tepat sasaran.

“Saya berharap agar para penyalur sembako untuk tidak mengurangi kualitas dan kwantitasnya terhadap bantuan ini. Insan pers juga agar turut mengawal penyaluran bantuan,” tegas Manippan Lumbantobing.

Reporter : Julliber Silitonga