Peringati Hantaru 2023, BPN Madina Tanam Pohon Bersama

Sekda Alamulhaq Pemkab Madina ketika menanam pohon di Komplek Perkantoran Paya Loting, Senin (18/9/2023). • Orbit Digital/Sulaiman Nasution

MANDAILING NATAL | Dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2023, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mandailing Natal (Madina) melaksanakan penanaman pohon bersama di komplek perkantoran Paya Loting, Senin (18/09/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Madina Alamul Haq Daulay, unsur Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina.

Sekda Madina Alamul Haq menyampaikan, penanaman pohon ini setiap tahunnya dilakukan, namun setelah datangnya virus covid 19 tertunda sementara.

Disebutkannya ditahun sebelumnya penanaman pohon ini laksanakan oleh Dinas Kehutanan, namun kali ini beralih ke BPN.

“Semoga apa yang kita buat hari ini dapat bermanfaat, dan tidak menjadi sia-sia”, sebutnya.

Sementara Plh Kepala Kantor BPN Madina Paimin Marbun menyampaikan, dasar penanaman sejuta pohon ini adalah berdasarkan Surat Direktur Pengendalian Hak Tanah, dimana ahli fungsi tanah yang memerintahkan kantor BPN seluruh Indonesia untuk melaksanakan penanaman dengan target 2000 pohon setiap kantor.

“Tema Hantaru 2023 adalah, kenerja dan kolaborasi untuk indonesia maju, bila kita kerucutkan dalam lingkup Kabupaten kita dapat mengatakan tema di Kabupaten, kinerja dan kolaborasi untuk Madina maju,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paimin Marbun menyampaikan, BPN melakukan pensertifikatan aset Pemkab Madina, dimana tahun ini telah diserahkan 18 sertifikat aset Pemkab.

“Masih ada 60, dan itu masih dalam tahap proses, di targetkan tahun ini 200, dan kita harapkan dapat diselesaikan”, katanya.

Reporter : Sulaiman Nasution