Polisi Bentuk Tim Usut Pencurian Rp1,6 M Uang Pemprovsu

oleh -127 views
Kanit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan Iptu M Husein SIK saat meminta keterangan pembantu PPTK BPKAD Pemprov Sumut M Aldi Budianto dan Indrawan Ginting di halaman Gedung Gubernur Sumatera Utara Rabu (11/9/2019) Pukul 20.35 WIB. (orbitdigitaldaily.com/Toni)

MEDAN – Polrestabes Medan membentuk tim khusus mengusut laporan kehilangan uang Rp1,6 miliar milik Pemprov Sumut di pelataran parkir Kantor Gubernur, Senin (9/9/2019) lalu.

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha yang dikonfirmasi mengatakan, sudah ada beberapa saksi yang diambil keterangannya, termasuk dua orang yang membawa uang itu.

“Kita sudah bentuk Tim, saat ini masih dalam penyelidikan. Saksi-saksi sudah kita periksa termasuk dua orang yang membawa uang tersebut,” ujar Putu kepada orbitdigitaldaily.com, Kamis (12/9/2019).

Ditanya sejauh mana perkembangan penyelidikannya, Putu masih irit bicara.

“Nanti dulu, ya, kita masih kerja,” ungkapnya.

Amatan di lapangan sejak Rabu (11/9/2019) malam, personel Satreskrim Polrestabes Medan masih melakukan olah TKP.

Kanit Pidum Reskrim Polrestabes Medan, Iptu M Said Husein SIK, bersama tim nya tampak berada di Kantor Gubernur Sumut meminta keterangan saksi dan mencari petunjuk kasus itu.

Tampak pula kala itu Pembantu PPTK Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut, Muhammad Aldi Budianto, bersama tenaga honorer BPKAD Sumut Indrawan Ginting.

Di sana polisi memintai keterangan keduanya. Ketika ditanyai bagaimana proses penyelidikan, mereka mengaku kelelahan.

Aldi Budianto maupun Indrawan tampak lemas. Raut wajah keduanya menunjukkan kelelahan.

“Maaf Bang, saya kelelahan. Bolak-balik dipanggil belum ada istrahat sampai saat ini,” ujar Aldi menjawab orbitdigitaldaily.com.

Aldi sempat menunjukkan titik parkir mobil yang mereka kendarai membawa uang itu. Namun saat ditanya wartawan lebih jauh, Aldi pun mengelak. “Ah udahlah, bang, bukan sombong, tapi maaflah, ya, capek sekali saya,” sebut Aldi.

Hal yang sama juga diungkapkan Indra. Ia juga pelit bicara. “Maaf, ya, bang, belum ada istrahat,” ujar Indra.

Disinggung apakah mereka ada singgah ke tempat lain setelah selesai mengambil uang dari kantor Bank Sumut. Aldi mengaku tidak ada.

“Oh nggak ada bang, kami langsung kemari (ke Kantor Gubsu),” sebut Aldi.

Aldi tampak buru-buru bergegas meninggalkan wartawan karena ingin cepat pulang dan istirahat. “Maaf, ya, besok lagi kami mau diperiksa lagi,” ujar Indra sambil pamit.

Pantauan Harian Orbit dilokasi, Rabu (11/9/2019) Aldi dan Indra tampak mendampingi pihak kepolisian dan menjawab pertanyaan yang disampaikan tim Satreskrim Polrestabes.

Sejumlah titik diamati petugas, mulai dari lokasi parkir, CCTV yang berada di dekat pagar depan Kantor Gubsu hingga arah masuk dan keluar dari Kantor Gubsu.

Tampak pula Kepala Biro Umum Setdaprov Sumut, Achmad Fadly dan sejumlah staf, termasuk beberapa orang ASN dari BPKAD serta Satpol PP Sumut.

“Tugas kami mendampingi petugas dan memberi keterangan dan apa yang mereka butuhkan dalam proses ini,” sebut Fadly.

Reporter: Toni