PT SMGP Bantu Desa Sibanggor Tonga Kembangkan Peternakan Ayam Kampung

Perwakilan PTSMGP ketika menyerahkan bantuan ternak ayam kampung kepada kelompok Berkah Jaya Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (9/09/2023)

MANDAILING  NATAL | Berkah Jaya, kelompok masyarakat di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai mengembangkan peternakan ayam kampung.

Ali Umar, selaku ketua Berkah Jaya menerangkankepada Wartawan, Sabtu (9/09/2023), , kelompok ini beranggotakan 15, orang meliputi naposo nauli bulung atau pemuda Desa Sibanggor Tonga.

Diterangkannya,  pengembangan peternakan ayam kampung ini atas bantuan perusahaan pembangkit listrik panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

Sebelumnya, sambung Ali Umar, perusahaan ini juga sudah memberikan bantuan benih ikan untuk dikembangbiakkan. “Awalnya, warga di sini beternak ayam kampung secara mandiri dengan cara tradisional.  Itupun hanya beberapa rumah tangga saja. Tapi hari ini kita didukung  PT SMGP untuk mengembangkan peternakan ayam kampung, dengan bantuan 1.200 ekor DOC (Day Old Chicken)”, ungkapnya.

Ali Umar mengutarakan, jika dia sudah memulai peternakan ayam kampung secara mandiri, tetapi sering mengalami kegagalan.”Dulu sering mengalami kegagalan, pertama modal yang sedikit, ditambah lagi pengetahuan yang kurang. Miisalnya, dari jenis kandang yang layak dan cara pembesaran yang masih tradisional”, ujarnya.

Tapi, kata Ali Umar,  hari ini kami telah dibantu SMGP,  baik modalnya maupun bimbingan cara mengembangbiakkan secara modern. “Tentunya,  kami atas kelompok peternakan Berkah Jaya mengucapkan terima kasih kepada PT SMGP atas bantuan ini”, katanya.

Ayam kampung yang diberikan PT SMGP kepada kelompok peternakan Berkah Jaya Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal , Sabtu (9/09/2023).

Menjadi Peternak Mandiri

Sementara, Ade Robi, selaku koordinator community relation yang mewakili pimpinan PT SMGP menyampaikan, bantuan DOC ayam kampung ini bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

“Bantuan ini diberikan setelah melalukan survey kebutuhan masyarakat desa yang berdampingan dengan perusahaan”, sebutnya.

Oleh karena itu, sambung Ade Robi,  PT SMGP berharap peternakan ayam kampung Berkah Jaya ini dapat berkembang sehingga Desa Sibanggor Tonga nantinya berhasil menjadi peternak ayam kampung yang mandiri.

“Kita berharap bantuan ini sebagai modal awal mencetak peternak mandiri yang hasilnya nanti bisa memenuhi kebutuhan pasar. Karena saat ini ayam kampung yang dijual di rumah potong dan pasar sebagian besar masih datang dari luar daerah. Ini peluang bagi kelompok Berkah Jaya untuk menutupi kebutuhan pasar”, harap pihak PT SMGP itu.

Di samping itu, Ade Robi meminta semua anggota kelompok agar bekerja sama dan sama-sama bekerja mengembangkan usaha peternakan. “Anggota kelompoknya juga harus serius dan sama-sama bekerja”, pintanya.

Turut hadir mendampingi ketika penyerahan bantuan ini dari tim Community Development PT SMGP,  Yakub dan Ghina Putri.

Reporter : Sulaiman Nasution