19 Pohon di Depan Mutia Garden Ditebang, Kota Medan Semakin Krisis RTH

oleh -542 views
Sisa Batang Pohon yang baruu ditebang tepat di depan Restoran Mutia Garden

MEDAN – Sebanyak 19 batang pohon di Jalan Cut Mutia Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia atau persis di depan Restoran Mutia Garden ditebang, padahal Kota Medan saat ini sangat minim Ruang Terbuka Hijau (RTH) .

Pantauan orbitdigitaldaily.com, Minggu (5/7/2020) sekitar 19 batang pohon tak berdosa dengan jenis Palem, Angsana, Tanjung, dan Mahoni, sudah ditebang .

Diketahui bahwa RTH di Kota Medan masih 7% dari 30 Persen yang disyaratandalm aturan dan undang-undang. Sesuai aturan RTH wilayah perkotaan yang diatur dalam UU Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, Pasal 29 disebut proporsi ruang terbuka hijau di wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota atau RTH minimal 30 %.

Baca juga : Camat Medan Polonia Tak Tahu

Menanggapi hal itu Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup Kota Medan, Rahmadsyah mengatakan seharusnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan memperluas ruang terbuka hijau bukan malah menggunduli pohon.

” Penebangan 19 pohon itu sangat sarat kepentingan. Kota Medan sangat minim ruang terbuka hijau, bukannya malah di gunduli habis. Kami mengutuk keras aksi tersebut,” katanya Minggu (5/7/2020).

Reporter : Toni Hutagalung