Bursa Inovasi Desa Klaster Langkat Hulu Digelar

LANGKAT-Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Langkat Hulu tahun 2019 digelar.

Dengan pemukulan gong oleh Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wabup H Syah Afandin, ajang yang digelar di Jambur Serba Guna Jalan Binjai-Kuala Desa Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai berlangsung Kamis (10/10/2019).

Dalam kesempatan itu Terbit Rencana meminta seluruh SKPD terkait dan camat beserta seluruh jajarannya untuk memberikan fasilitasi yang cukup kepada desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan program inovasi desa.

“Agar konstruksi desa menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera, sebagaimana yang di amanahkan dalam undang-undang desa, lekas tercapai,” ungkapnya.

Menurut Terbit, dukungan itu sebagai upaya terlaksananya inovasi Desa, yaitu terbentuknya forum Bumdes.

Harapannya, akan terbentuk forum Bumdes di Langkat menjadi wadah kordinasi dan konsultasi para pelaku Bumdes, saat mengembangkan usaha Bumdes di masing–masing Desa.

“Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa, sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping DD dan ADD dalam menyelenggarakan pembangunan perdesaan,”terangnya.

Inovasi desa juga bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan pembangunan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat di desa-desa.

“Dengan memperhatikan dampaknya bagi kelestarian lingkungan, ” ungkapnya.

Sementara, Plt PMD Langkat, Musti Sitepu, pada sambutannya, mengatakan, kegiatan ini dikelola oleh tim program inovasi desa di masing-masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada Dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur Dinas terkait.

Sebelumnya, terang Musti, kegiatan ini dilaksanakan terpusat (satu tempat), namun ditahun ini berdasarkan Juknis operasional program inovasi desa tahun 2019 dari Kemendes PDTT dilaksanakan per klaster atau di masing-masing wilayah dalam kabupaten.

“Sehingga kita membagi kegiatan ini menjadi 3 wilayah, yaitu Klaster Langkat Teluk Aru yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 30 september 2019 di Pertamina Pangkalan Brandan, dan saat ini di Langkat Hulu, terakhir di Langkat Hilir,” sebutnya.

Reporter: Santo