Burung Hantu Trafo PLN, Listrik 3 Kecamatan Padam di Tobasa

oleh -2.690 views
Burung hantu yang menabrak trafo di Porsea. (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

TOBASA – Akibat ditabrak trafo distribusi 20 KV di Dusun Siompuompu, Desa Narumonda 3, Kecamatan Siantar Narumonda ditabrak burung hantu, listrik 3 kecamatan di Tobasa padam, Rabu (30/10/2019) siang.

Saksi mata mengatakan, saat itu dirinya hendak pulang dari kebun dan merasa aneh melihat ada seekor burung hantu terbang tak karuan.

“Biasanya kan burung hantu terbang malam hari, koq terbang siang hari? Mungkin sedang stress,” ungkap saksi mata.

“Usai nabrak pohon enau, Burung itu tampak oyong dan mengarah Trafo itu. Bummmmm, suara seperti ledakan menggelegar disertai percikan api seperti kembang api saat tahun baru,” urainya.

“Tak lama berselang, tampak Pihak PLN datang,” pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari pihak PLN, H Sirait menyebut akibat gangguan itu telah membuat arus listrik di sejumlah wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Porsea mengalami gangguan yang cukup serius.

“Betul ada gangguan jaringan listrik mengakibatkan padam di Kelurahan Pasar Porsea, Kelurahan Patane III hingga ke Siregar Aek Na Las Kecamatan Uluan dan seluruh wilayah Kecamatan Siantar Narumonda,”

“Penyebab padamnya, ditemukan seekor burung hantu kontak di trafo di Narumonda. Petugas sudah memulihkan tegangan listrik namun sedikit agak terganggu sebab hujan cukup deras,” ujarnya.

Di lokasi, Pj. Kepala Desa Narumonda 2, Lisman Marpaung mengaku cukup terkejut mendengar dentuman suara ledakan Trafo itu yang kebetulan dekat dengan kantornya.

“Untunglah pihak PLN sigap. Walau hujan turun, tepat jam 2 siang listrik sudah hidup kembali. Terimakasih PLN,” pujinya.

Reporter: Bernard Tampubolon