Pemkab Labuhanbatu MoU Dengan UISU

oleh -113 views
Andi Suhaimi dan Rektor UISU saling tukar cendera mata

LABUHANBATU – Melalui rencana penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe optimis kembangkan pembangunan daerah dan SDM generasi muda.

Hal itu dikatakan Bupati didampingi Sekda Ahmad Muflih beserta jajaran saat rapat koordinasi rencana penandatanganan MoU yang langsung dihadiri Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAp bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati, Kamis (13/8/2020).

MoU tersebut menjelaskan bahwa kedua belah pihak sepakat mengadakan kerjasama dalam rangka tridharma perguruan tinggi dan fungsi kedua belah pihak sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Selanjutnya, hal-hal yang menjadi tindak lanjut nota kesepahaman ini akan diatur lebih lanjut dalam perjanjian kerjasama tersendiri yang dilaksanakan oleh pejabat yang diberi tugas atau kuasa oleh masing-masing pihak dan merupakan bagian dari satu kesatuan yang tidak dipisahkan dari nota kesepahaman.

Adapun nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka 5 tahun, dan dapat diperbaharui atas kesepakatan kedua belah pihak, dibuat dalam rangkap dua dan bermaterai cukup yang mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Andi mengungkapkan, dirinya berkeinginan agar Labuhanbatu mampu menjadi kabupaten percontohan, dimana nantinya akan dibangun sebuah lokasi untuk dijadikan riset bagi daerah lain.

“Kita ambil contoh wilayah di pulau Jawa, dengan lahan yang terbatas namun bisa mencukupi kebutuhan masyarakatnya, dan hal seperti itu akan kita ciptakan nantinya di Labuhanbatu,” ujar Bupati.

Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin menjelaskan, UISU telah berdiri sejak tahun 1959 dimana pada tahun 2020 mahasiswanya berjumlah lebih kurang 8000 dan 20% adalah masyarakat Labuhanbatu.

Saya menyambut baik apa yang menjadi hajat kita hari ini seperti yang disampaikan oleh Bupati yaitu silaturrahmi dan kordinasi rencana kerjasama ataupun MoU UISU dengan Pemkab Labuhanbatu, semoga silaturahmi ini memberikan makna terbaik untuk kedua belah pihak, jelasnya.

Reporter : Robert Simatupang