Jembatan Lapuk di Taput Mengenaskan

oleh -535 views
Satu unit mobil truk diessel terperosok hampir ke dasar sungai saat melintas Jembatan Janji Maria Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara Senin(13/7/2020).

MEDAN – Kondisi Jembatan Janji Maria Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara sangat memprihatinkan bagi masyarakat sekitar maupun para pengguna jalan yang melintas.

Padahal Jembatan Janji Maria merupakan jalan kabupaten yang termasuk jalur transportasi vital penghubung antara Kecamatan Purbatua dan Kecamatan Pahae Jae. Mirisnya, bagian badan jembatan tampak lapuk, serba tempelan ala kadarny telah usang dimakan waktu maupun sentuhan anggaran pemerintah.

Hal miris itu diungkapkan salahsatu netizen di media sosial (medsos) akun facebook Noak Mispa Sianturi menyebutkan sebuah mobil truk colt diesel terperosok saat melintas dan hampir jatuh ambruk ke dasar sungai, Senin(13/7/2020). Dengan kejadian tersebut aksi spontan masyarakat sekitar berupaya membantu supir secara gotong royong.

“Yth Bpk Basuki @Menteri PUPR Kementerian Pu, mohon perhatiannya jembatan ini adalah penghubung Kecamatan Purbatua dan Pahae Jae. Dimana lokasi jembatan Janji Maria tidak jauh dari Bendungan yang anda kerjakan sekarang sehingga fungsinya sangat vital bagi masyarakat sekitar,”cuitnya, Senin(13/7/2020).

Noak Mispa Sianturi mengungkapkan, kondisi jembatan Janji Maria sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Dan haruskah memakan korban jiwa baru akan diperbaiki?. Sepertinya Bupati Tapanuli Utara, Drs Nikson Nababan MSi terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan atau merasa biasa, sebab beliau sudah beberapa kali melewati jembatan yang sama.

” Saya juga tidak tau persis apakah ini sudah masuk dalam rencana yang akan diperbaiki Dinas PUPR Kabaupaten Tapanuli Utara. Semoga pihak-pihak terkait bisa memberikan tanggapan, penjelasan dan atau silakan teman-teman take akun resmi pihak2 terkait, terimakasih,”katanya.

Sementara, Camat Purba Tua, Nelson Manurung SH ketika dikonfirmasi orbitdigitaldaily.com, Senin(13/7/2020) mengatakan jembatan Janji Maria sudah ditampung Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Taput TA 2020 melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD).

“Minggu ini akan di perbaiki karena sudah ditampung APBD Pemkab Taput. Dan sebelumnya kita sudah memperbaiki bersama masyarakat melakukan gotong royong. Tapi saran kalau bisa masyarakat yang mengirim photo ini maunya ikut bersumbangsih memperbaiki jembatan tersebut, itulah baru namanya warga negara yang baik bukan hanya melihat yang kurang dari pemerintah,”ujar Nelson, mantan Camat Simangumban.

Reporter : Toni Hutagalung