Buat Kisruh, Terkelin Pastikan Besok Kepala Puskesmas Berastagi Dicopot

oleh -609 views
Terkelin Brahmana dalam sebuah dikusi dengan Anggota DPRD Karo dari Fraksi Golkar

TANAH KARO – Terkait kisruh 35 tenaga medis yang bertugas di Pukesmas Berastagi dengan kepalanya dr Rehmenda Br Sembiring, Anggota DPRD Karo dari Fraksi Golkar Ferianta Purba dan Jun Arif Bangun minta penjelasan sikap Pemkab Karo menindak lanjuti rekomendasi dewan untuk mengganti/mencopot jabatan kepala Puskesmas itu dalam sebuah diskusi politik di salah satu restoran di kawasan Gundaling Berastagi, Kamis ((6/8/2020).

Baca juga : Tak Nyaman Atas Kepemimpinan dr Rahmenda br Sembiring, Puluhan Tenaga Medis Puskesmas Berastagi Ngadu ke DPRD Karo

Dikesempatan itu Ketua Fraksi Golkar Ferianta Purba meminta agar Bupati segera menentukan langkah dalam mendesak SKPD terkait sebagai tekhnis regulasi untuk mengganti Kepala Puskesmas Berastagi, sesuai tuntutan 35 tenaga medis yang sudah dibawa dalam sidang lembaga dewan.

Kata Ferianta, kami (DPRD Karo) sangat mengapreisasi atas perhatian Terkelin menyikapi permasalahan ini, “dia begitu peduli dan merespon adanya desakan pergantian kepala puskesmas dr Rehmenda Br Sembiring, yang akhirnya disetujui,” ucapnya.

Baca juga : Hasil Raker, DPRD Karo Minta Kapus Berastagi Diganti

Menanggapi pertanyaan Ferianta Purba, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan, bahwa OPD terkait sebagai tekhnis sudah membuat kajian dan langkah dalam menyikapi kisruh antara pegawai tenaga medis Puskesmas Berastagi dengan Kapuskes Berastagi yang selama ini belum ada titik terang.

“Kemungkinan besok sudah kita pastikan Kapuskes Berastagi dr Rehmenda Br Sembiring tidak berdinas lagi di Puskesmas Berastagi, langkah ini sesuai jalur Standard Operasional Prosedur (SOP) manajemen ASN yang dikaji oleh Dinas Kesehatan dan BKD Kabupaten Karo,” sebut Terkelin.

Baca juga : Saling Tuding, Kapus Berastagi Sebut 32 Pegawai Mangkir

“Semua itu, sudah saya intruksikan ke pihak OPD terkait, karena tidak ada alasan di tunggu lebih lama lagi,mengingat situasi dan kondisi sekarang ini,” katanya.

Sementara drg Irna safrina Meliala, membenarkan bahwa kepala puskesmas Berastagi dr Rehmenda Br Sembiring, besok (7/8/2020) akan kita panggil kedinas dan akan diserahkan surat pembebasan tugasnya selaku Kepala Puskesmas,” ungkapnya.

Baca juga : Diduga Punya Beking Pejabat di Pemkab Karo, Kapus Berastagi Sulit ‘Disentuh’

” Sabar ya, yang penting besok Jumat yang bersangkutan segera kita tarik sementara, dan sebagai pengganti Kepala Puskesmas Berastagi akan kita buat pelaksana harian (Plh) Kawal Maha Kabid Yankes,” kata Irna.

Baca juga : Ternyata, Ini Pemicu Konflik Internal di Puskesmas Berastagi Tanah Karo

“Sikap ini ditempuh sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam kalangan ASN, namun bukan karena adanya tekanan dan menggolkan kepentingan pihak lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Daniel Manik